Harapan JK ke Wapres Ma'ruf Amin

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 21 Okt 2019, 09:43 WIB
Wapres Ma'ruf Amin dan Jusuf Kalla saat serah terima jabatan

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengikuti serah jabatan bersama Jusuf Kalla atau JK di Istana Wapres. Pada kesempatan itu, JK menyampaikan harapannya untuk Ma'ruf Amin.

Dia berharap, Ma'ruf Amin sukses menjalankan tugasnya. Terutama dalam membantu Presiden Jokowi.

"Jadi saya harap kesusksesan bagi Pak Ma'ruf Amin membantu Pak Presiden untuk kemajuan kita semua," kata JK di Istana Wapres, Senin (21/10/2019).

Dia pun meminta para aparatur sipil negara (ASN) yang hadir, bisa membantu Ma'ruf ke depannya dalam menjalankan tugasnya.

"Harapan saya, kalian semua bantu Pak Wapres untuk menjalankan tugas-tugasnya," jelas JK.

2 of 2

Tak Mudah

Ma'ruf Amin Temui Jusuf Kalla
Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin usai menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (4/7/2019). Pertemuan JK dan Ma'ruf hari ini diketahui untuk bertukar informasi terkait tugas sebagai wakil presiden. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

JK mengatakan, tugas Wapres tidak lah mudah. Wapres Republik Indonesia dan stafnya berbeda dengan wapres negara lain. Wapres RI, lanjut JK, memiliki peran penting dalam membantu Presiden menyelesaikan tugas-tugasnya.

"Tugas Wapres itu tidak mudah. Karena kekuatan kita rapat. Kalau presiden punya keppres, menteri punya keputusan menteri, wapres, tidak ada keputusan wapres," ujar JK, Jakarta, Senin.

Terlebih, kata dia, putusan Presiden itu kolektif kolegial. Artinya, keputusan diambil bersama-sama.

"Memang cara Pak Jokowi itu kolektif kolegial. Artinya keputusan diambil dalam rapat. Jadi karena itu harus baik-baik," kata JK.

Lanjutkan Membaca ↓