Sukses

Pelantikan Presiden Lancar, Jokowi Apresiasi TNI dan Polri

Usai dilantik, Jokowi diagendakan menemui sejumlah tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Jokowi dan Ma'ruf Amin telah resmi dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 pada Minggu (20/10/2019).

Pelantikan keduanya yang digelar di Gedung Nusantara, Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, berjalan aman dan khidmat. 

Jokowi pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI, Polri, dan Badan Intelijen Negara (BIN) yang telah mengawal jalannya pelantikan presiden dan wakil presiden.

"Saya ingin ucapakan terima kasih sebesar-besarnya, kepada TNI, Polri, dan BIN yang sudah menjaga keamanan, terutama jelang pelantikan. Kerja keras ini patut diapresiasi," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Usai dilantik, Jokowi diagendakan menemui sejumlah tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta. Bahkan, acara ini akan berlangsung hingga malam nanti.

"Malam hari ini saya masih menerima beberapa wakil presiden, mungkin nanti sampai jam 9 malam," ucap Jokowi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Setelah melalui serangkaian acara pelantikan, Jokowi dan Ma'ruf Amin resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Keduanya dilantik oleh MPR yang disusul dengan pengambilan sumpah. Pengucapan sumpah dilakukan pada pukul 16.04 WIB.

"Bismillahirrahmannirrahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Jokowi di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Setelah itu, Ma'ruf Amin yang mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Ma'ruf Amin.

Dengan ini, Jokowi-Ma'ruf Amin resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

Seusai pengambilan sumpah, Jokowi dan Ma'ruf Amin menandatangani berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.