Anies Harap Jokowi-Ma'ruf Tunaikan Janji janjinya

Oleh Liputan6.com pada 20 Okt 2019, 14:44 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Dia berharap, nantinya bisa bekerjasama dengan baik untuk bisa memajukan Jakarta.

"Kami percaya Pak Ma'ruf Amin di Jakarta, beliau orang Jakarta pernah jadi anggota DPRD sangat memahami soal-soal Jakarta insyaallah bisa kerja sama dengan baik," kata Anies di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Selain itu, Anies juga berharap janji kampanye Jokowi-Ma'ruf bisa segera dilaksanakan dengan baik. Sebab, Jokowi-Ma'ruf adalah pemenang mandat dari rakyat Indonesia.

"Masyarakat Indonesia menitipkan amanat ini kepada beliau-beliau. Kami percaya insyaallah bisa ditunaikan dengan sebaik-baiknya," kata Ma'ruf.

 

 

2 of 3

Rangkaian Pelantikan

KPU Tetapkan Jokowi-Ma’ruf Amin Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih
Pasangan Presiden dan Wapres terpilih, Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada Rapat Pleno Terbuka Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (30/6/2019). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/10/2019), merinci jadwal pelantikan presiden dan wakil presiden.

Pukul 13.30 WIB, Pimpinan MPR hadir dan menunggu di Ruang Tunggu Utama Lantai Dasar, kemudian sekitar pukul 13.40 WIB hingga 14.10 WIB, kehadiran tamu kehormatan negara sahabat dan tamu undangan VVIP.

Kemudian kehadiran Presiden terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, sekitar pukul 14.10 WIB.

Sekitar pukul 14.28 WIB, Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Ma'ruf Amin bersama Pimpinan MPR memasuki ruang sidang paripurna.

"Pukul 14.30 WIB, Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019 – 2024 dimulai," ujarnya.

Acara selanjutnya, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Ketua MPR. Kemudian, pembacaan keputusan KPU, lalu prosesi pengucapan sumpah presiden dan pengucapan sumpah wakil presiden.

Setelah pengucapan sumpah, dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pelantikan. Pimpinan MPR menyerahkan Berita Acara Pelantikan. Kemudian, pertukaran tempat duduk Wakil Presiden dari Jusuf Kalla ke Ma'ruf Amin.

Selesai pengucapan sumpah dan pertukaran tempat duduk, sidang paripurna kembali dilanjutkan. Pimpinan MPR mempersilakan Presiden Joko Widodo membacakan pidato perdana sebagai Presiden masa jabatan 2019 – 2024.

Kemudian pembacaan doa, setelah pembacaan doa, Ketua MPR menutup sidang paripurna. Sidang Paripurna MPR diakhiri dengan menyanyikan kembali lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Selanjutnya foto bersama Presiden Jokowi - Ma'ruf Amin, Jusuf Kalla, dan Pimpinan MPR. Serta pemberian ucapan selamat kepada presiden dan wakil presiden terpilih dari tamu undangan dan tamu kehormatan negara sahabat.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓