Jokowi Berangkat ke Lokasi Pelantikan dari Istana

Oleh Lizsa Egeham pada 20 Okt 2019, 14:21 WIB

Diperbarui 20 Okt 2019, 23:15 WIB

Jokowi bersama keluarga bersiap berangkat ke Gedung MPR/DPR/DPD RI Jakarta untuk menghadiri Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berangkat menuju Gedung MPR Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi bersama Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Berdasarkan pantauan, Jokowi meninggalkan Istana Merdeka pukul 14.17 WIB. Mantan Gubernur DKI Jakarta didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, ketiga anaknya Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangerap.

Selain itu, ada pula sang menantu Bobby Nasution serta sang cucu Sedah Mirah. Kepergian Jokowi ke Gedung MPR dilepas oleh pegawai Kementerian Sekretariat Negara.

Tak seperti momen lainnya, mantan Wali Kota Solo itu tak berangkat bersama Ma'ruf Amin. Ketua MUI nonaktif itu memilih untuk berangkat ke Gedung MPR dari kediamannya di Jalan Situbondo Menteng.

Sebelum ke Gedung MPR, Jokowi terlebih dahulu menerima para kepala negara sahabat yang datang untuk menghadiri pelantikannya. Pertemuan digelar di Istana Merdeka.

Adapun kepala negara yang menemui Jokowi antara lain, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteti Australia Scott Morisson, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, dan Raja Eswatini Raja Mswati III. Mereka bertemu Jokowi satu per satu dengan waktu hanya sekitar 20 menit.

"Beliau sampaikan ucapan selamat pada presiden untuk masa jabatan berikutnya dan yakin membawa Indonesia lebih baik," ujar Menteri Luar Negeri periode 2014-2019 Retno Marsudi, usai mendampingi Jokowi.

2 of 2

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓