Panglima TNI Kerahkan Pesawat Tanpa Awak Jaga Pelantikan Presiden

Oleh Nanda Perdana Putra pada 20 Okt 2019, 11:05 WIB
Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Tito Karnavian.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan, kondisi Jakarta aman dan kondusif jelang pelantikan presiden dan wakil terpilih Jokowi-Ma'ruf Amin. Pihaknya pun turut mengerahkan pesawat tanpa awak untuk memantau langit Ibu Kota.

"Pesawat tanpa awak mengawasi seluruh wilayah Ibu Kota terhadap semua ancaman yang terjadi," tutur Hadi di Gedung Graha Jala Puspita TNI AL, Jakarta Selatan, Minggu (20/10/2019).

Selain itu, lanjut Hadi, TNI AU juga menyiagakan helikopter dan pesawat boeing yang akan mondar mandir memantau situasi terkini di atas Gedung MPR DPR dan Istana Negara.

"Memantau dari udara setiap pergerakan di pos-pos tertentu yang kita anggap kritis. Semua dilaporkan ke downlink di posko Merdeka Barat sehingga seluruh TNI Polri dapat memantau semua," jelas dia.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah melakukan pemantauan bersama ke sejumlah titik di Ibu Kota pagi hari ini.

"Mulai dari Pejompongan dan sebelumnya saya masuk ke dalam Gedung DPR MPR dan kemudian saya mengecek rute seluruhnya," kata Hadi.

Dia yakin, kondisi Ibu Kota kondusif. "Saya nyatakan semua berjalan lancar dan keamanan terjaga," Hadi menandaskan.

2 of 3

Pelantikan Pukul 14.30 WIB

Bingkai Foto Jokowi-Ma'ruf Jelang Pelantikan di Pasar Baru
Poster Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang dijualnya di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Menjelang pelantikan presiden, foto pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mulaih dijual ke pasar umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah dalam keterangan tertulisnya, Minggu merinci jadwal pelantikan presiden dan wakil presiden.

Pukul 13.30 WIB, Pimpinan MPR hadir dan menunggu di Ruang Tunggu Utama Lantai Dasar, kemudian sekitar pukul 13.40 WIB hingga 14.10 WIB, kehadiran tamu kehormatan negara sahabat dan tamu undangan VVIP.

Kemudian kehadiran Presiden terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, sekitar pukul 14.10 WIB.

Sekitar pukul 14.28 WIB, Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Ma'ruf Amin bersama Pimpinan MPR memasuki ruang sidang paripurna.

"Pukul 14.30 WIB, Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019 – 2024 dimulai," ujarnya.

 

Acara selanjutnya, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Ketua MPR. Kemudian, pembacaan keputusan KPU, lalu prosesi pengucapan sumpah presiden dan pengucapan sumpah wakil presiden.

Setelah pengucapan sumpah, dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pelantikan. Pimpinan MPR menyerahkan Berita Acara Pelantikan. Kemudian, pertukaran tempat duduk Wakil Presiden dari Jusuf Kalla ke Ma'ruf Amin.

Selesai pengucapan sumpah dan pertukaran tempat duduk, sidang paripurna kembali dilanjutkan. Pimpinan MPR mempersilakan Presiden Joko Widodo membacakan pidato perdana sebagai Presiden masa jabatan 2019 – 2024.

Kemudian pembacaan doa, setelah pembacaan doa, Ketua MPR menutup sidang paripurna. Sidang Paripurna MPR diakhiri dengan menyanyikan kembali lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Selanjutnya foto bersama Presiden Jokowi - Ma'ruf Amin, Jusuf Kalla, dan Pimpinan MPR. Serta pemberian ucapan selamat kepada presiden dan wakil presiden terpilih dari tamu undangan dan tamu kehormatan negara sahabat.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓