Sukses

Mengenang BJ Habibie di Habibie Festival

Orbit International Habibie Festival di JIExpo Kemayoran menghadirkan berbagai macam stan yang menampilkan teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - Habibie Festival 2019 digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Dalam acara ini, penyelenggara acara menghadirkan berbagai macam stan yang menampilkan teknologi.

Acara ini juga sekaligus menjadi momen untuk mengenang almarhum Presiden Ketiga RI BJ Habibie.

"Meskipun kita kehilangan Eyang (Habibie), semangat eyang masih tetap ada. Menggunakan teknologi untuk kebaikan rakyat dan bangsa," ujar Co Founders Orbit International Habibie Festival, Sachin Gopalan saat membuka acara, Sabtu (19/10/2019).

Sachin sempat bercerita saat awal-awal membuat acara Habibie Festival. Saat pertama kali, dia dan almarhum BJ Hbibie sempat khawatir tak ada yang hadir dalam acara tersebut. Namun, rupanya di luar dugaan.

"Pertama kita adakan acara ini di Museum Gajah. Saat itu ternyata sampai 54 ribu pengunjung. Dari situ Eyang mengatakan bahwa orang-orang memang haus dengan iptek," kata dia.

Melihat antusiasme dari masyarakat terutama para pelajar, Sachin pun bertekad untuk terus menggelar acara ini. Kini acara Orbit International Habibie Festival sudah memasuki tahun keempat.

"Tahun kedua saat itu mencapai 74 ribu pengunjung. Dan makin bertambah terus. Itu bukti acara ini sangat diminati masyarakat," kata Sachin.

Hal serupa disampaikan oleh Chairman Orbit International Habibie Festival, Ilham Akbar Habibie. Menurutnya, meski Habibie sudah wafat, wasiat dan warisan dari bapak teknologi tersebut harus tetap abadi.

"Kita harus melanjutkan hal-hal yang perlu diperbaiki, terinovasi. Tujuannya agar kita sebagai bangsa mau maju, sejahtera dan berkembang dengan baik secara merata," kata anak sulung Habibie itu.

  

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warisan dan Wasiat Habibie

Menurut Ilham satu dari warisan dan wasiat Habibie yang harus terus dilestarikan yakni soal cinta. Baik cinta terhadap keluarga, pekerjaan, negara, dan umat manusia.

"Cinta adalah motor (penggerak) bagi bapak. Adanya cinta untuk sesama adalah motor. Kenapa? kita harus berkarya bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi untuk semuanya," kata Ilham.

Menurut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie, kecintaan Habibie kepada Bangsa Indonesia bahkan tergambar saat menjelang detik-detik wafat.

Satu hari sebelum Habibie wafat, Jimly mengaku sempat dihubungi oleh Habibie dan diminta menemuinya yang saat itu berbaring lemah di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD).

"Satu hari sebelum meninggal dia telepon saya. Apa yang mau dibicarakan? Tentang Indonesia. Karena memang dia semangat hidupnya tinggi. Lalu Selasanya saya dipanggil lagi, ada Qurais Shihab, Sofyan Effendi, beliau sudah ditidurkan. Jadi menjelang beliau meninggal pun masih membicarakan ide-ide untuk Indonesia," kata Jimly di lokasi yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.