Ilham Habibie Tegaskan Siap Menjadi Menteri Jokowi

Oleh Fachrur Rozie pada 19 Okt 2019, 14:34 WIB

Diperbarui 21 Okt 2019, 07:14 WIB

Ilham Akbar Habibie pada acara Indonesia Education Forum di Jakarta, Jumat (18/10/2019)

Liputan6.com, Jakarta - Ilham Akbar Habibie dengan tegas menyatakan siap menjadi menteri dalam Kabinet Kerja Jilid II pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin. Putra pertama Presiden Ketiga RI BJ Habibie itu digadang-gadang akan menjadi Menteri Riset dan Teknologi.

"Amin, amin. Saya siap," ujar Ilham usai menghadiri acara Orbit International Habibie Festival di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2019).

Menurut dia, sejauh ini belum ada tanda-tanda dirinya akan diangkat menjadi menteri. Yang jelas, dia menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi-Maruf selaku presiden dan wakil presiden terpilih.

"Namun ya belum dikontak. Tapi siap-siap saja. Dan ya apa pun yang terjadi diterima dengan lapang dada dan senang hati," kata Ilham.

Dia menegaskan, diangkat atau tidak menjadi menteri dalam kabinet Jokowi, dia akan tetap memajukan riset dan teknologi di Tanah Air. Menurut dia, tak menjadi menteri pun harus memiliki keinginan membangun bangsa, sesuai yang diharapkan almarhum BJ Habibie.

"Saya kira terkait, tidak hanya jika mejadi menteri, ini menurut saya sebagai diri pribadi. Menurut saya riset dan teknologi ini mesti lebih kelihatan dampaknya menurut saya," ujar Ilham.

"Jadi kita di Indonesia ini masih, kalau dibandingkan dengan standar dunia meskinya jauh lebih banyak kita lakukan riset sendiri, riset yang menghasilkan teknologi, yang digunakan di industri, yang memperkuat daya saing industri kita, ekonomi kita, itu penting sekali," dia menandasi.

2 of 2

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓