Absennya Wiranto-Luhut di Sesi Foto Terakhir Menteri Bersama Jokowi-JK

Oleh Lizsa Egeham pada 19 Okt 2019, 13:41 WIB
Intan Umbari Prihatin/Merdeka.com

Liputan6.com, Jakarta - Panas terik matahari tak menyurutkan semangat Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, untuk melakukan sesi foto terakhir bersama para menteri kabinet kerja jilid I. Pemotretan foto kabinet ini dilakukan di tangga halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 18 Oktober 2019.

Lokasinya sama persis saat Jokowi-JK melakukan sesi foto bersama kabinet kerja usai dilantik Oktober 2014. Bedanya, tak semua menteri tertangkap kamera dalam sesi foto terakhir.

Ada beberapa menteri yang tidak ada dalam sesi foto terakhir, dengan berbagai alasan. Sebut saja, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto dan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Ketidakhadiran dua menteri koordinator Jokowi-JK itu bukanlah tanpa alasan. Wiranto diketahui saat ini tengah menjalani masa penyembuhan pasca penusukan beberapa waktu lalu. Dia baru saja menjalani operasi di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta karena mengalami luka tusuk pada bagian perut.

Sementara itu, Luhut telat datang sehingga tak ikut dalam sesi foto kabinet kerja terakhir. Kendati begitu, Luhut mengikuti rangkaian acara perpisahan di Istana Negara.

Begitu pula dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang tidak terlihat dalam sesi foto bersama. Mantan Panglima TNI itu lalu menyusul dan ikut makan siang bersama.

Selain itu, tak terlihat pula wajah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise. Belum diketahui, alasan menteri asal Papua itu tak ikut dalam sesi foto terakhir dan acara perpisahan kabinet kerja 2019-2024.

Dalam sesi foto kabinet kerja terakhir ini, juga dihadiri oleh mantan menteri. Mereka antara lain, mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan mantan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Puan diketahui kini telah menjadi Ketua DPR RI periode 2019-2024. Sementara itu, Yasonna merupakan anggota DPR Fraksi PDIP.

2 of 3

Canda Tawa

Jokowi-JK dan Menteri Kabinet Kerja Gelar Sesi Foto Terakhir
Jokowi-JK dan Menteri Kabinet Kerja Gelar Sesi Foto Terakhir (Foto: Liputan6/Ika Defianti)

Sesi foto berlangsung sangat cair. Jokowi-JK didampingi Ibu Negara Iriana dan Mufidah Kalla. Beberapa angel foto diambil mulai dari, gaya formal, bebas, hingga melambaikan tangan.

Setelah melakukan sesi foto, acara perpisahan dilanjutkan dengan makan siang bersama di Istana Negara Jakarta. Acara tampak dipenuhi dengan canda tawa.

Beberapa menteri unjuk kebolehan bernyanyi, seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Bahkan, Jokowi terang-terangan memuji bakat bernyanyi keduanya.

"Saya kaget ternyata Pak Tito Karnavian. Suaranya kalau saya disuruh milih Pak Tito atau Paul Anka, tapi saya pilih Paul Anka. Tapi suara Pak Tito hampir mirip-mirip," kata Jokowi saat memberikan sambutan.

Tak mau kalah, Elek Yo Band yang merupakan grup musik beranggotakan menteri kabinet kerja juga ikut tampil. Mereka membawakan lagu My Way yang dipopulerkan oleh Frank Sinatria dan Suket Teki milik Didi Kempot.

Adapun anggota grup musik ini antara lain, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Koordinator Staf Presiden Teten Masduki.

 

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by