Sukses

Cerita Menko Luhut yang Suka Kesal saat Jokowi Direndahkan

Cukup lama bekerja dengan Jokowi, Luhut mengenal mantan Gubernur DKI Jakarta itu sebagai sosok pemimpin yang mengayomi anak buahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Lima tahun sudah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan membantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla menjalankan roda pemerintahan. Sebelum menjadi Menko, Luhut pernah mengemban jabatan penting sebagai Kepala Staf Kepresidenanan dan Menko Polhukam.

Cukup lama bekerja dengan Jokowi, Luhut mengenal mantan Gubernur DKI Jakarta itu sebagai sosok pemimpin yang mengayomi anak buahnya. Untuk itu, dia mengaku kesal apabila Jokowi kerap direndahkan oleh pihak tertentu.

"Jokowi itu pekerja keras, pemberani, dan memberikan pengayoman pada anak buahnya. Itu saya pikir hal yang patut dicontoh oleh kalian juga. Kadang suka kesal juga orang mepertanyakan mengenai atau merendahkan Jokowi padahal pemimpin dunia sangat apresiasi ke Pak Jokowi," kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2019.

Luhut mengatakan dirinya sangat menikmati waktu lima tahun bekerja menjadi tangan kanan Jokowi-JK. Dia menilai keduanya sebagai sosok yang tak berbelit-belit dan berani membuat keputusan penting untuk Indonesia.

"Saya pikir kabinet ini sudah membuat suatu langkah yang besar sekali dan Jokowi sudah meletakkan landasan yang bagus dalam term pertama ini, kedua nanti beliau tinggal speed up mempercepat ini semua," tuturnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soal Menteri Jokowi

Luhut mengaku belum mengetahui apakah akan kembali dipilih menjadi menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Dia meminta publik untuk bersabar menunggu hingga kabinet diumumkan oleh Jokowi.

"Saya kira tunggu saja arahan presiden karena tiga-tiga jabatan saya nggak pernah dikasih tau. Kita tunggu besok hari Minggu," ucap Luhut.

Seperti diketahui, Jokowi-Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR pada Minggu, 20 Oktober 2019. Ketua MPR Bambang Soesatyo menyebut acara pelantikan dilakukan pukul 14.30 WIB.

Jokowi menyebut kabinet periode kedua pemerintahannya akan banyak diisi oleh wajah baru. Namun, dia mengaku tetap akan mempertahankan sejumlah menteri kabinet kerja periode 2014-2019.

"Ya adalah (yang dipertahankan), yang lama ada. Yang baru banyak," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (16/10/2019).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.