Dear Netizen: Indonesia Rumah Kita

Dear Netizen: Indonesia Rumah Kita

Dari kejauhan masa silam, kita tidak saja diwarisi laut, gunung, lembah, ngarai nan elok, dan isi bumi berpenuh minyak, gas, serta emas, tapi juga diwarisi narasi sejarah yang menjadi dasar dan suluh kita hari ini. Menjadi alas bagi negeri bernama Indonesia.

Dari Sabang hingga Merauke, dalam bentang jarak 5248 kilometer, berpuluh kerajaan gemah ripah loh jinawi, yang selama 350 tahun hancur segenap martabatnya oleh penjajahan, melebur diri dalam perlawanan, dan rela melupakan singgasana demi sebuah rumah bersama.

Narasi sejarah yang panjang itu lengkap dengan suka-dukanya, bersama ribuan jiwa yang melayang se- panjang episode perlawanan mengerikan itu, tentulah mengilhami segenap para pendiri bangsa ini dalam menentukan dasar, bahkan semboyan bersama kita yang menukik jauh ke dalam falsafah kuno pada Sutasoma, yang terasa penting terus kita hayati dari generasi ke generasi: Bhinneka Tunggal Ika.

Saksikan video berikut ini "Dear Netizen: Indonesia Rumah Kita", bersama Sejarawan JJ Rizal dan Pemimpin Redaksi Liputan6.com Irna Gustiawati.

Ringkasan

Oleh Giovani Reza Rainanto, Reza Rinaldi, Shinta Anggundini Norevfa, Nadya Laras, Istiarto Sigit, Putri Amdan Dewi, Yosi Hendrawan, Abdillah, Wawan Isab Rubiyanto pada 18 October 2019, 20:00 WIB

Video Terkait

Spotlights