Menhub-Menaker Berkemas dari Rumah Dinas, Menteri PUPR Masih Bertahan

Oleh Lizsa Egeham pada 18 Okt 2019, 17:21 WIB
Intan Umbari Prihatin/Merdeka.com

Liputan6.com, Jakarta - - Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla menggelar perpisahan bersama menteri kabinet kerja periode I di Istana Negara. Jokowi pun akan segera merombak susunan kabinet kerja, usai dilantik bersama Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Beberapa menteri masih dipertahankan, ada pula yang tak berlanjut. Sejumlah menteri pun telah mengaku telah bersiap siap meninggalkan rumah dinasnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku, telah berkemas dari rumah dinasnya di Kompleks Widya Chandra Jakarta. Hal itu dilakukannya dari sebulan yang lalu.

"Tidak ada perintah, tapi saya kemas-kemas barang sendiri (dari rumah dinas). Dari sebulan yang lalu," kata Budi Karya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Dia mengaku belum mendapat tawaran dari Jokowi untuk kembali menjabat sebagai menteri di kabinet jilid II. "Belum-belum, belum ada yang telepon," ucapnya.

Hal yang sama juga dikatakan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Politisi PKB itu mengatakan sudah mengangkut barag-barangnya dari rumah dinas.

"Sudah, sudah (berkemas). (Dari) Sebulan yang lalu kayaknya, hari ini tinggal satu dua buku lah. Sama baju masih banyak," ujar dia.

Kendati begitu, dia mengaku hingga kini masih tinggal di rumah dinasnya. Begitu masa kerja habis, Hanif memastikan akan langsung meninggalkan rumah dinasnya.

"Sekarang masih di rumah dinas. Nanti begitu selesai. Kita tinggal pergi saja, sudah nggak ada barang berat saja," tutur Hanif.

Berbeda dengan Budi Karya dan Hanif Dhakiri, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku masih tinggal di kediaman dinasnya.

"Saya belum berkemas, begitu diputuskan suruh berkemas, saya berkemas," pungkasnya.

Nama Basuki kerap kali disebut sebagai salah satu menteri yang akan dipertahankan oleh Jokowi. Saat ditanya hal ini, dia mengaku siap apabila ditunjuk kembali.

"Kalau itu perintah, saya laksanakan," kata Menteri Basuki.

2 of 3

Salam Perpisahan JK

Jokowi-JK dan Menteri Kabinet Kerja Gelar Sesi Foto Terakhir
Jokowi-JK dan Menteri Kabinet Kerja Gelar Sesi Foto Terakhir (Foto: Liputan6/Ika Defianti)

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akan segera purna tugas. Posisinya pada 20 Oktober mendatang akan digantikan oleh Wapres terpilih Ma'ruf Amin.

Presiden Jokowi yang tetap melanjutkan pemerintahannya bersama Ma'ruf Amin pun mengadakan acara silaturahim bersama JK dan para menteri kabinet kerja. Dalam acara ini, Wapres JK menyampaikan selamat kepada para menteri yang lanjut ke periode kedua.

"Bagi teman-teman yang akan mengemban tugas bersama Bapak Presiden lagi, saya sampaikan selamat bekerja semoga semuanya sukses. Kita doakan," kata JK di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Sementara bagi para menteri yang tak lanjut, JK berpesan agar tetap mendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Terkahir, Kalla mengucapkan terima kasih kepada seluruh menteri yang selama ini membantunya.

"Teman-teman yang ikut sama saya artinya istirahat, kita lanjutkan mendukung beri pandangan dan juga harapan kepada presiden. Sejali lagi terima kasih dan maaf bila ada kesalahan-kesalahan atau kekeliruan ," ucapnya.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by