Sering Telepon Menteri Tengah Malam, Jokowi: Maaf Ya, Kondisinya Mendesak

Oleh Lizsa Egeham pada 18 Okt 2019, 16:00 WIB
Jokowi-JK dan Menteri Kabinet Kerja Gelar Sesi Foto Terakhir

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih kepada jajaran menteri kabinet kerja yang telah membantunya menjalankan roda pemerintahan. Jokowi mengenang dirinya yang kerap kali menghubungi para menteri, Kapolri Jenderal Tito Karnavian hingga Kepala BIN Budi Gunawan di tengah malam.

"Saya juga minta maaf, sering Bapak Ibu saya ganggu tengah malam, saya enggak sekali dua kali telpon ke Pak Tito, Kepala BIN, Bu Menteri Keuangan tengah malam saya telepon, Bu Menteri (Luar Negeri) Retno Marsudi, Pak Basuki (Menteri PUPR) juga sama," ujar Jokowi dalam acara silaturahmi bersama Wapres JK dan menteti kabinet di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta juga mengaku terpaksa langsung menghubungi Komandan Korps Marinir Mayjen Suhartono dan KSAD Jenderal Andika Perkasa, tanpa melalui Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Jokowi mengatakan beberapa kali memanggil Direktur tanpa memberi tahu Menteri BUMN Rini Soemarno. Dia menuturkan bahwa hal tersebut dilakukannya sebab ada keperluan yang sangat mendesak.

"Karena sangat mendesak, informasi yang dibutuhkan, tengah malam pagi subuh. Karena kita diberi tanggung jawab kelola 260 juta jiwa di negara kita," jelas Jokowi.

Acara silaturahmi ini berlangsung sangat cair dan santai. Jokowi-JK dan para menteri sempat berfoto bersama di Halaman Istana Merdeka. Setelah itu, mereka makan bersama di Istana Negara.

Pihak Istana juga menyuguhkan hiburan agar suasana semakin cair. Tak hanya itu, ada juga penampilan ada beberapa menteri.

"Mungkin dalam lima tahun ini kita baru bertemu agak santai hari ini, pas akhir2 kita baru bertemu, baru ada yang nyanyi biasanya kalau enggak ratas, rapat, rapat paripurna," kata Jokowi.

Seperti diketahui, Jokowi-Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR pasa 20 Oktober mendatang. Ketua MPR Bambang Soesatyo menyebut acara pelantikan dilakukan pukul 14.30 WIB.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS