Sukses

PDIP: Menteri Jokowi Harus Setia 5 Tahun, Jangan Tiba-Tiba Deklarasi Capres 2024

Hasto menuturkan, masih banyak waktu bagi Jokowi untuk menyusun kabinet.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, menteri Jokowi yang baru nantinya, tidak bisa tiba-tiba deklarasi calon presiden 2024.

"Tak boleh ada menteri setelah dilantik tiba-tiba kibarkan bendera mau jadi presiden 2024. Semua harus setia dalam lima tahun ke depan," ujar Hasto dalam keterangannya, Jumat (18/10/2019).

PDIP menyerahkan kepada Jokowi soal kapan pengumuman kabinet periode kedua. Dia mengutip UU No 39 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kementerian paling lama 14 hari kerja sejak Presiden mengucapkan sumpah/janji.

Hasto menuturkan, masih banyak waktu bagi Jokowi untuk menyusun kabinet. Dia mengaku pengumuman kabinet paling lambat hari Rabu pekan depan.

"Presiden Jokowi yang paling tahu kapan momentumnya. Presiden punya waktu yang cukup tapi kita tahu karakter Pak Jokowi yang mau kerja cepat," ucap Hasto.

Soal porsi kementerian yang diberikan kepada partai politik, Hasto merahasiakannya. Dia hanya bilang PDIP mendapatkan kursi paling banyak.

"Semua kementerian penting dan strategis tapi yang jelas PDIP paling banyak," kata Hasto.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.