Sukses

Viral Video Kucing Dicekoki Ciu, Begini Penjelasan Polisi

Polsek Gondang, Tulungagung, Jawa Timur menyelidiki penyebab kucing mati yang viral di medsos diduga dicekoki ciu atau sejenis minuman keras.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video yang memperlihatkan seekor kucing mati diduga setelah dicekoki ciu atau sejenis minuman keras viral di media sosial. Seorang pemuda asal Tulungagung, Jawa Timur bernama Ahmad Azam yang merekam dan membagikan video itu ke medsos pun menjadi sorotan.

Kepolisian langsung melakukan penyelidikan terkait video viral yang meresahkan masyarakat itu.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, peristiwa tersebut terjadi di Desa Dukuh, Kecamatan Gondang, Tulungagung. Dia menuturkan, penyebab kematian kucing bukan akibat dicekoki ciu seperti yang viral di medsos.

"Berdasarkan laporan dari Polres Tulungagung video viral di medsos tersebut tidak sesuai dengan kenyataannya," kata Barung, Kamis malam 17 Oktober 2019.

Barung mengatakan, peristiwa bermula ketika Azam bersama temannya, Ade Prio pergi ke rumah rekannya, Andra di Desa Dukuh. Saat tiba di rumahnya, mereka melihat Andra tengah bermain bersama kucing kesayanganya.

Namun, kucing tersebut tiba-tiba muntah-muntah. Lalu, salah seorang di antara mereka menyarankan agar dicarikan air kelapa muda dengan maksud untuk menetralkan racun yang mungkin ada di dalam tubuh kucing.

"Akan tetapi usai diminumi air kelapa muda kucing tidak kunjung sembuh, kemudian kucing kejang terus mati. Akhirnya kucing dikuburkan," katanya.

Polisi menduga kucing keracunan setelah memakan bangkai tikus. Hal itu terlihat dari banyaknya bangkai tikus di sekitar lokasi yang diduga mati diracun. Peristiwa itu direkam dan diunggah Azam ke medsos pada Rabu malam 20 Oktober 2019.

"Tetapi dalam upload tersebut oleh Azam diberi keterangan bahwa kucing dibuat percobaan dikasih ciu hingga berlanjut kejadian ini. Perlu diketahui bahwa apa yang ditulis Azam tidak sesuai yang terjadi dan dilakukan hanya untuk iseng," kata Barung.

Penyidik Polsek Gondang, Tulungagung telah mengambil bangkai kucing dan tikus untuk keperluan penyelidikan. Polisi juga telah memeriksa empat orang saksi terkait kasus tersebut.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral di Medsos

Sebelumnya di akun medsos @azzam_cancel beredar video seseorang tengah memberikan minuman pada seekor kucing anggora. Dalam keterangan video tertulis beberapa kata seperti "Percobaan ciu terhadap kucing anggora".

Dalam gambar yang lain juga sempat tertulis teks seperti "Setelah 2 jam empedu bekerja keras mengeluarkan racun. Membuat tubuh si anggora bergetar 50% ciu bekonang sudah masuk dalam darah. Merusak sebagian sistem saraf dalam otak. Otak tidak mampu memberikan intruksi kepada organ tubuh sehingga pandangan kabur dan kesadaran mengurang detak jantung mulai melemah."

Hingga di akhir video, sang kucing yang awalnya tampak kejang-kejang, terlihat diam mati. Video yang viral ini pun mendapat kecaman dari berbagai pihak, terutama para pecinta binatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.