Sukses

Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Jayapura

BMKG menjelaskan lokasi gempa di Jayapura, Papua berada di koordinat 2,68 Lintang Selatan dan 141,91 Bujur Timur. Tak ada potensi tsunami akibat gempa tersebut.

Liputan6.com, Jayapura - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa bermagnitudo 5,8 terjadi di Jayapura, Papua. Gempa terjadi pukul Jumat dini hari (18/10/2019) sekitar pukul 02.34 WIB.

Lewat akun Twitter resminya, BMKG menjelaskan lokasi gempa berada di koordinat 2,68 Lintang Selatan dan 141,91 Bujur Timur.

Kemudian, pusat gempa berada di laut 138 Km Tenggara Jayapura, dengan kedalaman 10 Km. Tak ada potensi tsunami akibat gempa tersebut.

Getaran gempa dirasakan dalam skala II-III di Kabupaten Keerom, Jayapura. Skala II MMI artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sedangkan skala III MMI artinya getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Kota

Kemarin, gempa mengguncang sejumlah wilayah Indonesia. Hingga pukul 20.00 WIB, ada tiga kota yang digoyang lindu.

Gempa pertama terjadi di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Lindu kedua dan ketiga menggoyang Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat Maluku, dan Ambon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • gempa jayapura