Sukses

Ribuan Santri Ramaikan Istigasah Jelang Pelantikan Presiden di TMII

Para santri sudah mulai berdatangan sejak pagi, meski acara yang dihadiri puluhan kiai sepuh dan habaib itu baru dimulai pukul 19.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan santri meramaikan istigasah untuk menyejukkan suasana jelang pelantikan presiden dan wakil presiden di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Para santri sudah mulai berdatangan sejak pagi, meski acara yang dihadiri puluhan kiai sepuh dan habaib itu baru dimulai pukul 19.00 WIB.

"Iya, kami datang lebih awal. Bahkan, pagi sekitar jam 09.00 WIB kami sudah di sini," ujar Tjetjep Ahmad Chodory dari Balaraja, Tangerang yang tiba di TMII sejak pagi hari.

Santri yang akrab disapa Cecep itu menuturkan, rombongannya antusias menghadiri istigasah karena yang hadir adalah para kiai sepuh dan habaib. Sebagai santri, lanjut Cecep, harus ta'dzim pada gurunya.

"Kami sengaja datang sebelum para kiai dan habaib datang. Kami tak mau beliau beliau datang duluan. Inilah bentuk hormat kami pada mereka," ujarnya.

Selain itu, kata Tjetjep, sengaja berangkat lebih awal, mengingat lokasi istighotsah di TMII. "Sekalian kita jalan-jalan, sebelum mengikuti istighotsah," pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam rangka turut menyejukkan suasana jelang pelantikan presiden dan wakil presiden, Master C19 menggelar istigasah. Acara itu akan dihadiri puluhan kiai, di antaranya Rais Aam PBNU KH Miftahul Akhyar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.