Sukses

Soal Kabinet, Jokowi Dinilai Perlu Pertimbangkan dari Kalangan Profesional

Jokowi sudah memberi sinyal untuk kalangan profesional, yang mendapatkan porsi lebih banyak.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah memberi sinyal terkait susunan kabinetnya. Nama-nama itu disebutkan akan diumumkan setelah pelantikannya pada 20 Oktober 2019.

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB), Roni Tabroni mengatakan, tim Kabinet Kerja II idealnya diisi oleh figur-figur yang tak hanya kuat, tapi juga memiliki kualitas yang hebat.

Apalagi Jokowi sudah memberi sinyal untuk kalangan profesional, yang mendapatkan porsi lebih banyak.

"Presiden Jokowi harus membuktikan kepada publik bahwa dirinya tetap berada pada tracknya sebagai pemimpin yang teguh pada pendiriannya tidak terkooptasi oleh kekuatan parpol yang terus merapat," kata Roni saat dikonfirmasi, Kamis (17/10/2019).

Menurut dia, Kabinet Kerja II Jokowi idealnya adalah kabinet meritokrasi. "Banyak sekali anak bangsa berkualitas dan ahli di bidangnya yang dapat diajak unyuk memperkuat kabinet Jokowi," jelas Roni.

Sementara itu, berdasarkan hasil riset yang dilakukan Alvara Research Center, Tingkat kepuasan tertinggi kinerja Menteri Kabinet Kerja I, diraih oleh kalangan menteri dari profesional, seperti Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, disusul oleh Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Ini artinya publik mengakui kinerja dari menteri dengan latar belakang profesional,” jelas CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.