Sukses

Tugas Tersulit JK selama Jadi Wapres: Jadi Juru Damai Konflik

Menurut dia menangani daerah berkonflik juga bukan perkara gampang. Apalagi kata JK, daerah yang sering berkelahi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menceritakan pengalaman mengesankan selama menjabat jadi wakil presiden selama dua periode.

Mulai dari dalam dan luar negeri dan dalam negeri. Salah satu yang paling tidak bisa dilupakan selama bertugas yaitu menuntaskan beberapa daerah yang berkonflik mulai dari di Ambon, Poso, dan Aceh.

"Dalam negeri, daerah sangat berkesan. Kalau mendamaikan orang yang berkonflik, berperang itu juga paling berkesan. Tentu tidak mudah. Tapi insyallah, kita bisa lalu," kata JK menceritakan pengalamannya dihadapan 108 orang siswa dan siswi SMP Islam Athirah Makassar di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Kamis (17/8/2019).

Menurut dia menangani daerah berkonflik juga bukan perkara gampang. Apalagi kata JK, daerah yang sering berkelahi.

"Perdamaiaan. Paling sulit, perdamaian, Aceh dulu, Poso , Ambon itu paling sulit. Itu berkelahi, itu paling sulit untuk mendamaikan paling sulit. Tapi Alhamdullilah tercapai," kata JK.

Kuncinya kata JK, untuk melaksanakan semua tugas harus dijalankan dengan ikhlas. Jika dilakukan dengan ikhlas kata dia semua bisa dilaksanakan mudah.

"Bagi saya semua tugas itu dijalankan dengan ikhlas," ungkap JK.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Strategi Jadi Juru Damai

Sebelumnya JK sempat mengungkapkan strateginya untuk menyelesaikan konflik di beberapa wilayah. Ada beberapa hal yang sudah dimediasi, yaitu Poso, Sulawesi Tengah, Aceh, hingga Ambon. Salah satunya yaitu mulai membaca buku dan mendalami apa masalah yang terjadi di wilayah tersebut.

"Semua saya mulai dari buku tidak ada upaya mendamaikan tanpa ada mendalami apa masalah sebenarnya apa sejarahnya. Apa cara berpikir. Semua sangat penting. Dan kemampuan kita membaca dan keinginan kita membaca," kata JK.

JK menjelaskan beberapa jajaran stafnya juga ikut meriset terkait beberapa daerah tersebut. Yaitu dengan cara mencari buku di perpustakaan nasional terkait buku yang berhubungan dengan Maluku, Poso, Aceh pada zamannya.

"Semua buku. Termasuk buku sastra, termasuk buku sejarah lama dari pada Aceh," kata JK.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

 

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Wapres JK