Sukses

Studi ke Australia, Korlantas Polri Pelajari Sistem Keselamatan Mengemudi

Chryshnanda menuturkan SDC dibangun dan dipersiapkan menjadi wahana dan wadah pembelajaran untuk beberapa elemen.

Liputan6.com, Jakarta - Polri khususnya Korlantas terus mengembangkan Safety Driving Centre (SDC) sebagai wujud implementasi keselamatan dalam berlalu lintas.

Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana mengungkapkan tujuannya untuk membangun budaya tertib lalu lintas hingga menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan.

"Polri mengimplementasikan SDC untuk membantu Pemerintah dan wujud meningkatkan kualitas keselamatan, menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan dan mendukung terbangunnya budaya tertib berlalu lintas bahkan untuk menyelesaikan berbagai masalah lalu lintas lainnya," ujar Chryshnanda, Rabu (16/10/2019).

Chryshnanda menuturkan SDC dibangun dan dipersiapkan menjadi wahana dan wadah pembelajaran untuk beberapa elemen. Antara lain, petugas pengawalan VVIP / VIP, penguji SIM, instruktur sekolah mengemudi, petugas Patwal dan PJR, pengemudi profesi, hobby serta calon pengemudi.

"Ada lagi untuk road safety riset and development, penanganan bencana, pengemudi ambulans, pemadam kebakaran, pembinaan komunitas, pameran teknologi, seminar dan hasil riset tentang road safety," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepedulian Sesama

SDC, kata Chryshnanda, merupakan kepedulian semua elemen dari pemerintah, akademisi dan sektor bisnis untuk menumbuhkembangkannya di Indonesia. Dia mencatat, ada beberapa poin yang harus disiapkan dalam mendukung implementasi SDC. Salah satunya menyiapkan master trainer untuk SDC dengan studi dengan Australia.

"Membuat grand design SDC dengan berbagai model variasinya. Membangun infrastruktur SDC setidaknya 1 di setiap propinsi. Menyiapkan master trainer dan trainer di setiap polda hingga polres. Menyiapkan materi pembelajaran dalam kurikulum latihan. Menyiapkan standar pengelolaan. Menyiapkan kendaraan latihan," jelas dia.

Chryshnanda menyebutkan SDC yang sudah beroperasi dan difungsikan maksimal ada di wilayah Riau. Sedang dalam pembangunan tahun ini, ada Pusdiklantas di Serpong dan Wilayah Gorontalo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.