Di Forum Parlemen Internasional, DPR Sampaikan Komitmen RI Jaga Perdamaian Dunia

Oleh Liputan6.com pada 15 Okt 2019, 20:53 WIB
Aziz Syamsuddin

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aziz Syamsuddin bersama sejumlah anggota parlemen dari Indonesia menghadiri Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-141 yang berlangsung pada 13-17 Oktober 2019 yang berlangsung di Beograd, Serbia.

Azis yang diberi kesempatan menyampaikan pidato dalam forum tersebut menyatakan, parlemen memiliki peranan strategis dalam penguatan kerangka hukum internasional.

Sudah menjadi kewajiban konstitusional kita bersama untuk mengarusutamakan hukum internasional ke dalam undang-undang nasional sesuai dengan konstitusi nasional masing-masing," ujar Azis dalam Pidatonya yang disampaikan Selasa siang tadi di Beograd.

Azis juga menekankan bahwa kerja sama antar-parlemen ini dapat menjadi katalisator bagi perdamaian dan berkontribusi terhadap wacana global tentang hukum internasional.

"Sebagai kesimpulan, perkenankanlah saya menggarisbawahi peran lembaga-lembaga antar parlemen, utamanya IPU dan peran pentingnya dalam melibatkan parlemen-parlemen dan anggota-anggota parlemen dalam mengubah komitmen internasional menjadi sebuah kenyataan,” kata Azis dalam pidatonya.

 

2 of 3

Asia Pasifik Kawasan Dinamis

DPR RI mengirimkan Delegasi ke Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-141 yang berlangsung pada 13-17 Oktober 2019. Delegeasi Indonesia dipimpin oleh Azis Syamsuddin, Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Politik dan Keamanan. Selain itu hadir pula Nurul Arifin dari Fraksi Partai Golkar, Willy Aditya Fraksi Nasdem, dan Jon Erizal Fraksi PAN.

Pertemuan itu juga dihadiri Presiden IPU, Gabriela Cuevas Baron . Ia menyampaikan bahwa Asia Pasifik merupakan kawasan yang paling dinamis dan pesat kemajuannya di dunia pada saat ini.

Gabriela juga menyampaikan bahwa dalam rangka Hari jadi IPU yang ke-130, dilakukan upaya-upaya untuk membuat IPU lebih akuntable. Antara lain dengan mengoptimalkan media social, media elektronik dan  format lainnya.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by