Sukses

Hindari Pencaloan, Disdukcapil Kota Tangerang Buka Gerai di Area MTQ

Asal warga Tangerang memahami dan memenuhi semua persyaratan, dokumentasi kependudukan akan selesai tanpa dipungut biaya.

Liputan6.com, Jakarta - Minimalisir pencaloan dokumentasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang, jemput bola di segala kesempatan. Seperti yang terlihat kali ini, mobil yang berisikan perlengkapan perekaman dokumentasi kependudukan, diserbu masyarakat setempat.

Kali ini, mobil tersebut berhenti dalam waktu yang cukup lama di area MTQ Kota Tangerang untuk melayani kebutuhan dokumentasi kependudukan warganya.

Menurut Nurmalia Asikin, Kasie Pendataan Penduduk pada Disdukcapil setempat, cara ini dilakukan selain memang untuk menjemput bola, juga untuk memininalisir aksi pencaloan.

"Benar, biar enggak usah pakai calo. Kita sudah permudah pelayanan sampai turun langsung ke masyarakat, jadi sedikit demi sedikit praktek pencaloan bisa teratasi," tuturnya, Selasa (15/10/2019).

Padahal, lanjutnya, semua pelayanan yang diberikan termasuk yang dilakukan dengan cara jemput bola, diberikan secara gratis. Asal warga memahami dan memenuhi semua persyaratannya, maka dokumentasi kependudukan akan selesai tanpa dipungut biaya.

Seperti yang dilakukan pada pameran MTQ Kota Tangerang, Disdukcapil memberikan pelayanan seperti pembuatan Kartu Keluarga (KK), perekaman e-KTP untuk usia pemula dan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).

"Per hari kami beri kuota, 75 keping e-KTP, 200 KIA dan 150 KK," ujar Nurmalia.

Mobil pelayanan tersebut akan tetap berada di area MTQ hingga 19 Oktober mendatang, atau sampai pagelaran MTQ selesai.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.