Sukses

Sandiaga Uno Berpeluang Kembali Jabat Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra

Muzani menegaskan, Gerindra tidak pernah memberikan tekanan agar Sandiaga kembali.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani membenarkan kembalinya Sandiaga Uno ke partai berlambang garuda itu. Menurut Muzani, Sandiaga kemungkinan kembali menduduki posisi yang dulu ditinggalkan, yaitu Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Tentu hal tersebut setelah dipertimbangkan oleh Ketua Dewan Pembina sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Dimungkinkan wakil ketua dewan pembina sehingga mungkin jabatan yang ditinggal akan kembali dijabat oleh beliau lagi, setelah Pak Prabowo terutama setelah ketua dewan pembina mempertimbangkan satu dan lain halnya," ujar Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019).

Muzani mengatakan kembalinya Sandiaga ke Gerindra merupakan hak politiknya. Dia menegaskan, Gerindra tidak memberikan tekanan agar Sandiaga kembali.

Wakil Ketua MPR itu menuturkan, sejak awal memang Sandiaga satu jalur perjuangan dengan Gerindra. Karenanya, Sandiaga bakal kembali dalam forum tinggi Gerindra yaitu Rakernas.

"Dari awal Pak Sandi juga rasanya juga merasa dengan jalan perjuangannya dengan Gerindra sudah cocok, sehingga itulah jawaban kenapa kemudian beliau akan kita terima dalam forum yang terhormat besok di rapat pimpinan nasional," kata Muzani.

Dia merasa, Sandiaga sudah memiliki chemistry dengan Gerindra sebagai kawan lamanya. Sehingga memutuskan kembali lagi dan tidak pindah partai.

"Mungkin chemistry itu yang beliau merasa bahwa chemistry ini perlu dilanjutkan dalam perjuangan politik ke depan," ucap Muzani.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sandiaga Kembali

Sebelumnya, Sandiaga mengundurkan diri dari Gerindra karena maju sebagai cawapres pada Pilpres 2019. Jabatan terakhir yang dipegangnya adalah wakil ketua dewan pembina.

Kini Sandiaga kembali bergabung ke Partai Gerindra. Hal itu terlihat dari unggahan video Sandiaga di instagram @sandiuno.

Dalam video itu, terlihat Sandi tengah melepas pakaiannya yakni batik berwarna biru. Namun, saat dibuka baju batik tersebut, Sandi terlihat mengenakan kaos berwarna hitam bertuliskan Gerindra. Keterangan di bawah unggahan video tersebut tertulis "Saya kembali".

Unggahan ini langsung direspon mantan jubirnya semasa kontestasi Pilpres 2019 lalu, Dahnil Anzar Simanjutak. Lewat Instagram pribadinya, Dahnil berkomentar dengan tulisan "hhaahahahahahahahjah (emoticon smile)".

Selain itu, akun instagram resmi Partai Gerindra juga memberi komentar positif menyambut sinyal diberikan Sandiaga.

"Selamat datang kembali Mas @sandiuno #PutihKrem menunggu. Salam #IndonesiaRaya," tulis akun resmi tersebut.

Kembalinya Sandi ke Gerindra juga dibenarkan oleh Juru Bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzhar Simanjuntak. Dia mengatakan Sandi resmi kembali ke Gerindra sejak kemarin, Senin, 14 Oktober 2019.

"Betul," kata Dahnil pada merdeka.com, Selasa (15/10/2019).

Dahnil pun mengungkapkan alasan Sandiaga kembali ke Gerindra. Salah satunya karena Sandi merasa Prabowo adalah mentornya di dunia politik.

"Iya memang Bang Sandi merasa Pak Prabowo adalah mentor utama politik beliau, makanya Bang Sandi tidak mungkin meninggalkan Pak Prabowo dan Gerindra, pasti akan terus menjadi pejuang politik melalui Gerindra seperti selama ini diajarkan Pak Prabowo," ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Anggota Badan Komunikasi Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan Sandiaga akan datang ke Konferensi Nasional Partai Gerindra, Rabu (16/10/2019). Sandi akan datang menggunakan pakaian khas kader Gerindra.

"Yang pasti Sandi besok akan datang ke Rakernas Gerindra pakai seragam Gerindra lah, baju putih kantong empat dan celana krem dan peci," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.