Sukses

Sah, Lima Pimpinan DPRD DKI Jakarta 2019-2024 Dilantik

Lima pimpinan DPRD DKI diambil sumpah janji oleh pelaksanaan apel harian Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Syahrial Sidik.

Liputan6.com, Jakarta - Prasetio Edi Marsudi bersama empat pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta resmi dilantik di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat. Keempat lainnya yakni Ahmad Suhaimi, Zita Anjani dari PAN, M Taufik, dan Misan Samsuri.

Pelantikan tersebut diawali dengan adanya rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua sementara DPRD DKI Jakarta, Pantas Nainggolan dan diselenggarakan secara terbuka.

"Prasetyo Edi Marsudi dilantik sebagai ketua, Muhammad Taufik sebagai wakil ketua, Abdurrahman Suhaimi sebagai wakil ketua, Mirsan Samsuri sebagai wakil ketua, Zita Anjani sebagai wakil ketua untuk periode 2019-2024," kata Kepala Bagian Perundang-undangan dan Hubungan Masyarakat Sekretariat DPRD DKI, Purwana Ansyori, Senin (14/10/2019).

Selanjutnya kelima pimpinan tersebut diambil sumpah janji oleh pelaksanaan apel harian Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Syahrial Sidik.

Kelima pimpinan tersebut merupakan penunjukan dari partai pemenang di Pileg 2019 DKI Jakarta. Diantaranya yakni Prasetyo Edi dari PDI Perjuangan, M Taufik dari Partai Gerindra, Mirsan Samsuri dari Partai Demokrat, Abdurrahman Suhaimi dari PKS dan Zita Anjani dari PAN.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PDIP Suara Terbanyak

Sementara itu, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai PDI Perjuangan kembali menunjuk Prasetyo Edi Marsudi sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024. Sebagai ketua dua periode, Prasetyo awalnya hanya seorang anggota DPRD pada tahun 2013.

Penunjukan Prasetyo saat itu untuk menggantikan salah satu kader PDI Perjuangan yang pindah partai. Kemudian saat Pileg 2014, dia lolos menjadi anggota DPRD DKI untuk daerah pilihan (dapil) 1 Jakarta Pusat.

Sebagai partai pemenang Pemilu, PDI Perjuangan menunjuk dia sebagai ketua DPRD DKI periode 2014-2019. Sebenarnya Prasetyo telah aktif juga sebagai anggota tim kampanye Jokowi-Ahok di Pilgub DKI Jakarta 2012.

Selain itu pada 2019, dia dipercaya sebagai ketua tim kampanye Jokowi-Maruf untuk daerah DKI Jakarta.

Sebelum menjabat sebagai ketua DPRD DKI, pria kelahiran Kudus, Jawa Tengah ini tercatat di sebuah organisasi, salah satunya yakni Ketua Bidang Kemitraan KONI DKI Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.