Sukses

Parade Budaya Akan Meriahkan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Kegiatan syukuran itu akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2019 pada pukul 12.00 WIB. Namun, pelantikan sendiri baru akan dimulai pada pukul 14.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden akan dilaksanakan pada Minggu, 20 Oktober 2019. Nantinya, relawan Jokowi juga akan menggelar syukuran atas pelantikan tersebut.

Kegiatan syukuran itu akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2019 pada pukul 12.00 WIB. Namun, pelantikan sendiri baru akan dimulai pada pukul 14.00 WIB.

Ketua Panitia Pelaksana, Andi Gani Nena Wea menjelaskan, rangkaian kegiatan ini dipusatkan di kawasan Patung Kuda hingga Istana Merdeka, Jakarta.

"Panitia menyiapkan gelar budaya di sekitar Patung Kuda sampai depan Istana Merdeka. Mulai pukul 12.30 WIB, di situ nanti akan ada panggung-panggung budaya sebanyak 6 panggung, akan menampilkan seluruh budaya dari Indonesia," tutur Andi di Restoran Seribu Rasa, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Kemudian, ada pula parade budaya dari 34 provinsi yang akan berjalan dari Patung Kuda sampai ke Istana Merdeka.

Dia menjelaskan, tepat pukul 13.50 WIB, parade budaya akan dihentikan sementara untuk menyaksikan prosesi pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung DPR/MPR, Jakarta.

Sebanyak 5 layar raksasa akan disiapkan oleh tim panitia acara agar masyarakat dan relawan yang hadir dapat menonton bersama.

Setelah selesai pelantikan, panggung-panggung dan parade budaya akan dimulai kembali sembari menunggu presiden dan wakilnya tiba di Istana Merdeka. Selain itu, parade budaya ini juga disertai dengan makanan Kuliner Nusantara gratis di sepanjang kawasan Patung Kuda hingga Istana Merdeka.

"Gratis, itu digratiskan. Dan itu kuliner rakyat itu seperti ditanyakan berapa biaya, murah sekali. Nasi goreng yang Rp 12.000-an yang kami siapkan. Ada bakso, ketoprak, sekuteng, jadi benar-benar kuliner rakyat. Kalau ditanya gratis ya kita gratiskan," ujar Andi.

Diperkiran acara ini akan dihadiri sekitar 200.000 hingga 300.000 orang. Namun, Andi tak menutup kemungkinan bertambahnya jumlah itu.

"Tapi pasti akan lebih banyak karena banyak masyarakat yang akan hadir dengan sendirinya. Dan banyak juga masyarakat dari luar kota," ungkapnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Acara Digelar di Berbagai Kota

Andi menambahkan, selain di Jakarta, acara syukuran hasil inisasi dari berbagai relawan Jokowi ini juga akan digelar di berbagai kota lainnya. Pada tanggal 19 Oktober 2019, rangkaian acara syukuran akan digelar di Yogyakarta pada pukul 15.00 WIB.

Acara akan diawali dengan marching band dari Universitas Gajah Mada, dan dilanjutkan dengan Barisan Prajurit Keraton serta komponen masyarakat lainnya.

Kemudian, pada 20 Oktober 2019 acara akan dilanjutkan di Kota Kuningan, Jawa Barat.

"Akan diadakan jam 08.00 pagi sampai 10.00 pagi. Menyusul juga di Surabaya dengan judul tema Dari Surabaya untuk Indonesia. Akan bergerak jam 07.30 pagi, parade Merah-Putih seperti yang akan dilakukan di Jakarta," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.