Uji Coba Pertama LRT Direncanakan Digelar 18 Oktober Mendatang

Oleh Devira Prastiwi pada 14 Okt 2019, 12:45 WIB

Fokus, Jakarta - Disaksikan Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pengangkatan gerbong kereta lintas terpadu atau LRT dilakukan di Stasiun Harjamukti, Depok, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (14/10/2019), kereta LRT sebelumnya diboyong dari Madiun ke Jakarta selama empat hari menggunakan jalur darat. Seluruhnya diproduksi dalam negeri.

"Kereta apinya itu semuanya buatan Land dengan INKA, itu sudah berkolaborasi, itu suatu kemajuan luar biasa untuk anak-anak Indonesia. Dengan moving block, membuat lebih sederhana. Kemudian mengenai teknologinya sudah generasi ketiga, sudah lebih bagus dari teknologi MRT," ujar Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Rencananya, uji coba pertama akan dilakukan pada 18 Oktober mendatang dengan rute Cibubur dan Cawang. Uji coba akan berlangsung selama satu bulan.

"Tahap pertama ini satu bulan dulu, bertahap, kita kan ada 31 train set dan kita menguji sarana dan prasarananya juga. (Uji coba) tanggal 18," jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Nantinya satu rangkaian kereta terdiri dari enam gerbong kereta yang mampu menampung 1.500 penumpang.

Diharapkan 2021, LRT Jabodetabek seluruhnya sudah bisa beroperasi dengan 31 trainset atau rangkaian LRT.

Harga tiketnya dipatok Rp 12 ribu untuk satu penumpang.