Sukses

Hore, Bakal Ada Rak Sepeda di Bus Transjakarta

Selain tempat parkir sepeda. Transjakarta juga sedang mendesain tempat untuk sepeda di dalam bus, tanpa mengurangi aspek kenyamanan penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - PT Transjakarta bakal menyiapkan 10 tempat parkir sepeda di dekat halte bus. Langkah ini sebagai salah satu upaya mendorong masyarakat untuk menggunakan sepeda sekaligus menurunkan tingkat emisi dan kemacetan di Ibu Kota. 

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan survei untuk 10 lokasi tempat parkir sepeda tersebut. 

"Lokasinya berada dan berhubungan dengan jalur 1, 2 dan 3 yang telah disiapkan marka jalur sepedanya oleh Pemprov DKI," ujarnya, Minggu (13/10/2019). 

Selain tempat parkir sepeda, lanjut Nadia, pihaknya juga sedang mendesain tempat untuk sepeda di dalam bus, tanpa mengurangi aspek kenyamanan penumpang. 

"Kami sedang pilihkan lokasi terbaik yang memudahkan pengguna sepeda tetap dapat menggunakan transportasi umum dengan membawa sepeda kesukaan dan kesayanganya", kata Nadia seperti dilansir dari Beritajakarta.id.

Dia menambahkan, pihaknya saat ini sedang mempelajari  berbagai tinjauan desain untuk memastikan penempatan rak sepeda dalam bus Transjakarta yang tidak menghalangi dan mengganggu pandangan pramudi, serta tetap mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang serta pengendara lain di jalan raya.

Sementara, untuk rencana pemprov DKI mengadakan bike sharing, ungkap Nadia, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan instansi terkait dan siap untuk menjalankan konsep tersebut.

"intinya kami dukung program pemerintah tersebut", tandasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Parkir Sepeda di Stasiun MRT

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjanjikan sejumlah fasilitas untuk menggugah minat masyarakat menggunakan sepeda. Salah satunya dengan menyediakan parkiran khusus sepeda di setiap stasiun MRT dan halte bus.

"Sekarang stasiun-stasiun MRT di pintu masuk dan keluarnya akan disediakan parkir sepeda," kata Anies di Terowong Kendal, Jakarta Pusat, Sabtu, 12 Oktober 2019.

"Nanti juga kita taruh di halte-halte sehingga kita bisa menggunakan sepeda untuk first mile dan last mile menggunakan kendaraan umum," sambung dia.

Anies menargetkan, fasilitas dan infrastruktur jalur khusus sepeda rampung hingga akhir 2019. Dengan demikian, masyarakat akan beralih menggunakan moda transportasi sepeda.

"Akhir 2019 semua harus memiliki tempat parkir sepeda yang cukup. Strateginya ada 2 dibangun ada yang menggunakan baru dimatangin. Sehingga nantinya stasiun-stasiun kereta api, MRT ada tempat yang cukup," ujar dia.

Anies pun bercita-cita membuat Jakarta ramah dengan sepeda. Karena itu, Anies membangun jalur-jalur sepeda di jalan raya maupun trotoar. Harapannya banyak warga Jakarta yang menggunakan sepeda. "Kita ingin mendorong bersepeda bukan hanya sebagai alat olahraga saja tapi juga transportasi," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.