Sukses

Menteri Agama Lukman: Peran Santri Tangkal Radikalisme Never Ending

Lukman Hakim mengatakan santri memiliki peran besar dan penting terhadap persatuan dan kerukunan masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka parade santri di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Tema dari parade adalah Santri Cinta Damai.

Lukman Hakim mengatakan santri memiliki peran besar dan penting terhadap persatuan dan kerukunan masyarakat Indonesia. Peran yang ia maksud adalah menebar ajaran islam secara subtantif dengan cara memanusiakan manusia.

"Yang menjadi inti pokok ajaran agama Islam yaitu memanusiakan manusia. Itu harus betul-betul menjadi ruh jiwa santri dalam menyebarkan nilai-nilai agama," kata Lukman, Minggu (13/10/2019).

Ia tak menampik, penyebaran nilai-nilai agama di bangsa dengan multi kultural tidak semudah membalikan telapak tangan. Terlebih lagi, paparan radikalisme kerap mengatasnamakan suku dan agama.

Politisi PPP itu juga mengingatkan peran santri dalam menghentikan penyebaran faham radikalisme adalah upaya tak berkesudahan. Hal itu dikarenakan kompleksitas permasalahan dan kebudayaan masyarakat yang terus berubah.

"Ini kan proses yang tidak berkesudahan, never ending proses, karena perubahan masyarakat itu sangat dinamis. Kompleksitas persoalan tidak sederhana, maka kemudian tanggung jawab santri tentu akan lebih besar dalam peradaban bersama," tandas Lukman Hakim.

Sementara itu sebelum melakukan parade sepanjang Jalan MH Thamrin menuju Jalan Imam Bonjol, ribuan santri yang turut hadir melakukan pembentangan bendera merah putih. Panjang bendera mencapai 740 meter.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.