Sukses

Transjakarta Siapkan 10 Lokasi Parkir Sepeda Dekat Halte Bus

Pengadaan parkir itu sebagai pendorong agar lebih banyak penggunaan sepeda untuk mengurangi polusi di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mendukung penggunaan sepeda di Ibu Kota, PT TransJakarta menyiapkan 10 parkir sepeda di dekat halte bus. Kini, para pesepeda bisa menitipkan sepedanya, jika ingin menggunakan Bus Transjakarta.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo menyebut, pengadaan parkir itu sebagai pendorong agar lebih banyak penggunaan sepeda di Jakarta.

"Stimulus untuk menggiatkan warga berolahraga, menurunkan tingkat emisi dan kemacetan jalan perlu kami dukung penuh," kata Nadia di Jakarta, Sabtu (12/10/2019).

Nadia menambahkan, pihaknya juga menyiapkan penanda parkir sepeda pada 10 lokasi halte yang ditentukan.

"Saat ini 10 tempat tersebut sedang disurvei, namun lokasinya berada dan berhubungan dengan jalur 1, 2 dan 3 yang telah disiapkan marka jalur sepedanya oleh Pemprov DKI," ujarnya.

Selain itu, menurut Nadia, saat ini Transjakarta memiliki dua rencana awal yang sedang dilakukan dalam rangka mendukung Jakarta Ramah bersepeda.

"Penempatan 10 lokasi parkir sepeda dekat halte, dan design sepeda besar yang dapat dibawa Bersama bus," ucap Nadia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sedepa Masuk Bus

Sejak 2016, Transjakarta sudah memperbolehkan sepeda lipat ikut bersama penumpang dalam bus besar.

Tahun ini, Transjakarta akan mengembangkan rencana sepeda boleh masuk Bus Transjakarta. Tujannya, agar para pesepeda bisa dengan mudah menggunakan transportasi umum, khususnya Bus Transjakarta.

"Sepeda gunung membutuhkan ruang yang lebih, karenanya tidak memungkinkan untuk diletakkan di dalam bus", ucap Nadia.

Tak hanya itu, Transjakarta kini tengah menyusun konsep untuk mendukung program Pemprov DKI Jakarta yang akan mengadakan bike sharing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.