Sukses

Water Salute untuk JK dari TNI AU Jelang Purnatugas

TNI AU memberikan penghormatan kepada Wapres JK jelang purnatugas sebagai pendamping Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - TNI Angkatan Udara (AU) memberi penghormatan terhadap Jusuf Kalla atau JK jelang berakhirnya masa jabatan sebagai Wakil Presiden (Wapres) periode 2014-2019.

Penghormatan diberikan dengan mengawal penerbangan rombongan Wapres menggunakan pesawat F-16 dari Landasan Udara Adi Sutjipto Yogyakarta menuju Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (10/10/2019). 

Sebelum lepas landas menuju Jakarta, Komandan Lanud Pangkalan Adi Sutjipto Marsekal Pertama Bob Henry Panggabean memimpin upacara pelepasan dengan water salute.

"Saat Pesawat Kepresidenan RI Boeing Business Jet (BBJ) yang ditumpangi Wapres JK beserta rombongan lepas landas di Lanud Adi Sutjipto, kendaraan pemadam kebakaran menyemprotkan air dari kedua sisi pesawat hingga membentuk lengkungan di atas pesawat, " demikian keterangan pers dari Asdep Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Setwapres yang diterima Liputan6.com.

Kamis pagi, Jusuf Kalla menuju Yogyakarta untuk memberikan Kuliah Kebangsaan di Universitas Aisyiyah. Dia lalu kembali ke Jakarta, Kamis siang. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikawal 4 Sukhoi

Sebelumnya, JK juga mendapat penghormatan water salute dari Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Haris Haryanto, pada saat kunjungan kerja dari Makassar ke Palu, Minggu, 6 Oktober 2019. 

Berdasarkan catatan Antara, penerbangan Wapres JK juga pernah dikawal empat Sukhoi pada 8 Juni 2015 ketika Wapres usai melakukan kunjungan kerja dari Sulawesi Selatan.

Empat pesawat sukhoi tersebut sempat bermanuver di udara ketika mengawal penerbangan Wapres JK menuju Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • JK

  • TNI AU