PT KIEC Bersama TNI Tanam Pohon Mangrove di Perairan Karangantu

Oleh Reza pada 10 Okt 2019, 11:13 WIB
Diperbarui 10 Okt 2019, 11:13 WIB
KIEC

Liputan6.com, Jakarta Indonesia merupakan negara kepulauan dengan luas hutan mangrove terbesar di dunia. Hutan mangrove memiliki peranan penting bagi lingkungan khususnya bagi lingkungan pesisir pantai. Hutan mangrove merupakan hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak di garis pantai. Hutan mangrove memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, diantaranya mencegah intrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi pantai, serta berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir. 

Permasalahan lingkungan yang marak terjadi saat ini menyebabkan ekosistem hutan mangrove terancam punah. Punahnya ekosistem hutan mangrove tentu saja akan sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia karena dapat mempercepat proses abrasi pantai. Keadaan lingkungan yang semakin memprihatinkan menjadi alasan utama dari diselenggarakannya kegiatan penanaman mangrove di Perairan Karangantu, Serang, Banten.

Dalam rangka memperingati HUT TNI yang ke-74, TNI menyiapkan 4500 bibit mangrove untuk ditanam di wilayah pesisir Banten bekerjasama dengan pemerintah daerah, BUMN, BUMD & BUMS, pelajar serta elemen masyarakat lainnya. Pada kesempatan ini, PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (PT KIEC) ikut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman mangrove sebagai bentuk kepedulian nyata terhadap kelestarian lingkungan sekitar.

“Kegiatan ini dilakukan tidak hanya dalam rangka memperingati HUT TNI dan menjaga kelestarian lingkungan, tapi juga dengan tujuan untuk memecahkan rekor muripenanaman pohon mangrove sebanyak 300.074 di  17 titik di seluruh Indonesia,” ujar Danlanal Banten, Letkol Laut (P) Golkariansyah dalam sambutannya. Iriansyah melanjutkan pohon mangrove yang telah ditanam tentunya akan dirawat dan dijaga agar dapat menyelamatkan bumi dan memberikan keberkahan kepada anak cucu nanti.

KIEC
PT KIEC ikut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman mangrove sebagai bentuk kepedulian nyata terhadap kelestarian lingkungan sekitar.

Sementara itu, Direktur Utama PT KIEC, Priyo Budianto mengatakan PT KIEC dan Krakatau Steel Group sangat mendukung kegiatan yang bermanfaat bagi kebaikan bersama ini. “Pohon-pohon mangrove ini akan sangat berfungsi bagiekosistem karena pohon mangrove dapat menjaga lingkungan dari limbah dan dampak industri lainnya,” tutur Priyo. Priyo juga menyampaikan semoga kegiatan ini tidak hanya sampai disini, tapi juga kedepannya dapat terus dijaga bersama agarmangrove tumbuh dan bisa memberikan manfaat positif bagi lingkungan.

 

(*)