Sukses

TNI Petakan Daerah Ramai Unjuk Rasa saat Pelantikan Presiden

Menurut Andika, secara umum perkembangan di wilayah-wilayah Indonesia sudah sangat baik. Namun, ada yang menonjol, yakni akan ada rencana demonstrasi di beberapa daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menggelar rapat internal dengan seluruh pejabat tinggi AD kecuali Papua, di kantornya. Menurut dia, rapat tersebut membahas situasi terkini. Untuk urusan Papua, sudah langsung ditangani oleh Panglima TNI, Menko Polhukam dan Kapolri.

"Sejak pagi sampai dengan barusan kami semua para pejabat utama di Angkatan Darat, mulai dari Komandan Korem sampai Panglima Kotama itu Para Panglima Kodam, Para Komandan Satuan seperti Komandan Pusdiklat, Komandan Jenderal Kopassus, Panglima Kostrad, kami semua kumpul dalam rangka mengupdate situasi terakhir di semua wilayah kecuali di Papua," kata Andika di Mabes TNI AD, Jakarta, Rabu (8/10/2019).

Menurut dia, secara umum perkembangan di wilayah-wilayah Indonesia sudah sangat baik. Namun, ada yang menonjol, yakni akan ada rencana demonstrasi di beberapa daerah. 

"Rencana demonstrasi itu pun tidak terlihat paling tidak sampai hari ini tidak terlihat di semua wilayah. Ada beberapa daerah yang secara faktual memang sudah mendapatkan info tanggal pelaksanaan demonstrasi maupun tempatnya," jelas Andika. 

Dalam rapat tadi, juga disinggung soal kebakaran hutan. Bagaimana semua pihak, khususnya dari AD berusaha keras turut membantu pemadaman. Meskipun, Andika tak menepis, soal masalah pengamanan jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 20 Oktober mendatang, juga mendapatkan perhatian. 

"Juga terakhir sampaikan apa yang dilakukan oleh seluruh jajaran Angkatan Darat dalam menghadapi event-event besar, satu, dua sampai tiga minggu ke depan," jelas Andika.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Lebih 30 Persen Daerah

Dia menuturkan, aksi demonstrasi tersebut kurang lebih tak mencapai 30 persen wilayah dari seluruh pejabat tinggi AD yang hadir.

"Bagaimana kita menyikapi? Khusus untuk konsep operasi, akan dilakukan Panglima TNI. Tapi paling tidak, kita bekerja sama dengan rekan di daerah atau jajaran dari Polri, pemerintah daerah, itu tadi kita bahas," jelas Andika.

Dia menegaskan, 30 persen wilayah itu hanya estimasi. Sehingga, pihaknya bisa melakukan inventarisasi.

"Maksudnya 30 persen itu estimasi. Jadi setelah diinventarisasi tadi, kita semakin tahu, oke sebenarnya yang difokuskan untuk daerah ini saja. Kita sudah bersama Staf Umum merencanakan, siapkan di titik yang tidak rawan, untuk menyiapkan pasukan-pasukan. Sehingga apabila dibutuhkan, bisa kita gerakan ke titik yang menjadi pusat tadi," pungkasnya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.