Sukses

Buya Syafii Berharap Muhammadiyah Dapat Jatah 3 Menteri Ini

Menurut Buya Syafii, kader Muhammadiyah cocok menduduki posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Liputan6.com, Jakarta - Cendekiawan muslim Ahmad Syafii Maarif berharap Presiden Joko Widodo atau Jokowi mempertimbangkan kembali menempatkan kader Muhammadiyah di kabinet periode keduanya. 

"Ya mudah-mudahan ada lah (orang Muhammadiyah) yang dipertimbangkan oleh presiden (jadi menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf)," ujar pria yang akrab disapa Buya Syafii itu saat ditemui di Kantor Kemendikbud, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2019).

Menurut Buya Syafii, kader Muhammadiyah cocok menduduki posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kendati, dia menyerahkan semua keputusan terkait komposisi kabinet itu kepada Presiden Jokowi.

"Itu yang memutuskan presiden, ya mudah mudahan lah, karena Muhammadiyah bergumul di pendidikan lebih dari satu abad, patut dipertimbangkanlah orang Muhammadiyah," kata mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu.

Selain Mendikbud, Buya Syafii mengatakan, kader Muhammadiyah juga patut dipertimbangkan di posisi Menteri Sosial hingga Menteri Kesehatan.

"Ya (Mendikbud) dan (Menteri) Sosial, Kesehatan juga bisa," katanya singkat.

Meski begitu, Buya Syafii menyatakan, Muhammadiyah tidak mengajukan nama kadernya untuk menduduki kursi kabinet Jokowi-Ma'ruf nanti. "Enggak ada, nggak ada," ujarnya memungkasi.

 

Reporter: Ronald Chaniago

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.