Buya Syafii Berharap Muhammadiyah Dapat Jatah 3 Menteri Ini

Oleh Liputan6.com pada 09 Okt 2019, 16:41 WIB
Diperbarui 11 Okt 2019, 15:13 WIB
20161116-Buya-Syafii-Maarif

Liputan6.com, Jakarta - Cendekiawan muslim Ahmad Syafii Maarif berharap Presiden Joko Widodo atau Jokowi mempertimbangkan kembali menempatkan kader Muhammadiyah di kabinet periode keduanya. 

"Ya mudah-mudahan ada lah (orang Muhammadiyah) yang dipertimbangkan oleh presiden (jadi menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf)," ujar pria yang akrab disapa Buya Syafii itu saat ditemui di Kantor Kemendikbud, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2019).

Menurut Buya Syafii, kader Muhammadiyah cocok menduduki posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kendati, dia menyerahkan semua keputusan terkait komposisi kabinet itu kepada Presiden Jokowi.

"Itu yang memutuskan presiden, ya mudah mudahan lah, karena Muhammadiyah bergumul di pendidikan lebih dari satu abad, patut dipertimbangkanlah orang Muhammadiyah," kata mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu.

Selain Mendikbud, Buya Syafii mengatakan, kader Muhammadiyah juga patut dipertimbangkan di posisi Menteri Sosial hingga Menteri Kesehatan.

"Ya (Mendikbud) dan (Menteri) Sosial, Kesehatan juga bisa," katanya singkat.

Meski begitu, Buya Syafii menyatakan, Muhammadiyah tidak mengajukan nama kadernya untuk menduduki kursi kabinet Jokowi-Ma'ruf nanti. "Enggak ada, nggak ada," ujarnya memungkasi.

 

Reporter: Ronald Chaniago

Sumber: Merdeka.com

2 of 2

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓