Sukses

Pimpinan DPRD DKI Dilantik Rabu Depan

Sekretariat DPRD DKI Jakarta Muhamad Yuliadi sudah mengajukan jadwal pelantikan ini kepada Pengadilan Tinggi Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 akan dilantik pada Rabu, 16 Oktober 2019. Sekretariat DPRD DKI Jakarta Muhamad Yuliadi sudah mengajukan jadwal pelantikan ini kepada Pengadilan Tinggi Jakarta.

"Agenda yang kami ajukan itu sudah menyesuaikan dengan jadwal Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta, karena beliau yang memandu lima pimpinan DPRD dalam mengucapkan sumpah," kata Yuliadi saat dihubungi, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Tadinya, pelantikan direncanakan digelar pada Senin, 14 Oktober 2019 atau Selasa, 15 Oktober 2019. Namun, karena Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta punya jadwal kerja yang tak bisa ditinggalkan pada hari itu, maka tanggal acara digeser.

Pihak Sekretariat DPRD DKI pun masih menunggu sampai Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk turun.

"Kalau hari Kamis (17/10/2019) beliau nggak bisa karena ada agenda ke Makasar. Jadi karena agenda hari Rabu (16/10/2019) beliau kosong, maka kami jadwalkan hari itu," ujar Yuliadi.

"Setelah dokumen itu turun, kemudian dirapatkan untuk dijadwalkan agenda pengukuhan dan pengambilan sumpah," imbuhnya.

Wakil Ketua nondefinitif, Syarif menyampaikan, SK Kemendagri untuk pelantikan seharusnya sudah turun pada Rabu (9/10/2019) hari ini.

"(SK Kemendagri) sudah hari ini," tutur Syarif saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (9/10/2019).

Sumpah pimpinan ini akan diucapkan oleh Prasetyo Edi Marsudi dari Fraksi PDIP sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta dan keempat wakilnya. 

Mereka yakni Mohamad Taufik dari Fraksi Gerindra, Abdurrahman Suhaimi dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Misan Samsuri dari Fraksi Demokrat, dan Zita Anjani dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).

Setelah sumpah jabatan pimpinan, maka pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD DKI Jakarta seperti komisi dan badan akan dilakukan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.