Cerita Menteri Basuki Diajak Kulineran Jokowi

Oleh Liputan6.com pada 09 Okt 2019, 11:11 WIB
Jokowi Umumkan Ibu Kota

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kerap mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam kunjungan kerja. Tak hanya untuk bekerja, dia juga kerap bersama Jokowi menikmati kuliner.

"Saya sering ke lapangan apalagi bersama Bapak Presiden. Beliau itu seringnya ngajak kuliner. Beliau itu ngajak kuliner yang khas daerah. Tidak harus di hotel dan di restoran besar, bisa di Palembang itu makan malam di Bang Roy," kata Basuki di Istana Kepresiden, Jakarta Pusat, Selasa 8 Oktober 2019.

Basuki mengatakan, ada kesan selama lima tahun bersama Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

"Kerjanya fokus, semua putusan urusan demokratis, tapi kalau ada masalah putusan tidak harus dengan rapat formal saya bisa misalnya dengan menteri ATR dengan telepon," ungkap Basuki.

Presiden Jokowi kerap mengajak menterinya menikmati kulineran saat menyambangi daerah. Dia sempat makan buah duren bersama Ibu Negara Iriana, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono dan Mensesneg Pratikno hingga Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen setelah meresmikan Bendungan Gondang yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Hal itu terlihat pada foto yang diposting akun twitter Kementerian PUPR Kamis 2 Mei 2019.

Ada pula saat kunjungan kerja di Ambon, Presiden Jokowi makan bakso bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Juru Bicara Presiden Johan Budi, dan Gubernur Maluku Said Assagaff.

Di dalam vlognya yang diunggah Jumat 10 Februari 2017, Presiden Jokowi juga tidak lupa mengingatkan, semua orang Indonesia perlu mencintai dan melestarikan kuliner-kuliner asli Indonesia

2 of 3

Akan Mengajar

Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Jalan Tol Padang - Pekanbaru
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat peresmian pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru, Sumatra Barat, Jumat (9/2). (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Sampai saat ini Basuki mengaku belum dapat mandat kembali untuk masuk jajaran menteri periode Jokowi-Ma'ruf Amin. 

"Jabatan itu perintah untuk saya. Jadi benar-benar ingin jabatan itu amanah dan perintah. Saya enggak tau pun diperintah," kata Basuki.

Dia mengatakan, setelah tidak jadi menteri, Basuki berencana mengajar di salah satu universitas.

"Saya bukan businessman, saya paling ngajar satu," ungkap Basuki.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓