Sukses

Wiranto: Pemerintah Ambil Langkah Cepat Pulihkan Wamena

Wiranto mengatakan, para pengungsi yang mayoritas pendatang tak ingin meninggalkan Wamena, Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Wiranto mengatakan, pemerintah segera mengambil langkah cepat untuk pemulihan semangat kebersamaan di Wamena, Papua. Menurutnya, bukan hanya pemulihan pembangunan fisik saja.

"Jadi, kecuali pemulihan bangunan fisik, juga segera pemulihan semangat kebersamaan, semangat persaudaraan, dan semangat perdamaian," ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, saat melaksanakan kunjungan ke Wamena, Papua, Selasa (8/10/2019).

Menurut Wiranto yang melakukan kunjungan bersama Panglima TNI, Kapolri, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, dan Menteri BUMN itu, para pengungsi yang mayoritas pendatang, tak ingin meninggalkan bumi Cendrawasih.

"Mereka tidak ingin kembali ke daerah mereka, daerah asalnya. Tapi ingin tinggal di sini dengan catatan keamanan dijamin, dengan catatan kerukunan, kedamaian, dipulihkan," ungkapnya.

Dia menuturkan, usai bertemu dengan para tokoh di sana, dirinya semakin yakin, pemulihan cepat sangat berarti bukan hanya bagi masyarakat Papua, tapi juga para pendatang.

"Membangun kembali apa yang kemarin rusak, memulihkan kembali apa yang kemarin terjadi. Saya kira itu semangat yang luar biasa," jelas Wiranto.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pulihkan Infrastruktur

Mantan Panglima ABRI (sekarang TNI) ini juga akan segera melaporkan ke Presiden, tentang apa saja yang didapatkannya. Intinya, semuanya harus segera dipulihkan.

"Untuk segera memulihkan kondisi fisik di Wamena, apakah rumah terbakar, ruko terbakar, gedung-gedung instansi pemerintah yang dirusak, PLN yang terbakar, atau fasilitas umum lainnya yang dirusak, segera akan dipulihkan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.