Sukses

Tuangkan Gagasan, Yuddy Chrisnandi Luncurkan Buku Dari Kyiv Menulis Indonesia

Menurut Yuddy, ke depan, penguasaan teknologi informasi, penguasaan big data, penguasaan algortima dan artificial intellegence akan menjadi senjata yang paling berbahaya bagi kelangsungan hidup bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Indonesia untuk Ukraina, Georgia dan Armendia, Yuddy Chrisnandi meluncurkan buku karyanya berjudul “Dari Kyiv Menulis Indonesia”. Dalam buku itu, Yuddy banyak menuangkan pemikiran selama menjalankan tugas menjadi Dubes sejak April 2017 ke buku karyanya tersebut.

Yuddy mengatakan, bukunya itu merupakan manifestasi pemikirannya, selama mengemban tugasnya sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk negara Ukraina, Georgia dan Armenia yang berkedudukan di KYIV, Ukraina sejak April 2017 lalu hingga sekarang ini.

Dalam sambutannya saat peluncuran buku yang digelar di Aula Blok I Universitas Nasional, Jakarta Selatan, Yuddy mengaku buku tersebut merupakan benang merah pandangannya tentang pertahanan dan keamanan Indonesia, baik dari aspek geopolitik, ekonomi maupun pemetaan politik dalam negeri.

"Dalam satu bagian, saya menulis tentang terjadinya perubahan revolusioner kehidupan bangsa dan negara yang bergeser dari tata nilai communal state menjadi tata nilai global individual yang disebabkan oleh kemajuan IT (Information Technology),” ucap Yuddy, Selasa (8/10/2019).

Dia bahkan mengatakan, teknologi informasi kini telah menjadi kekuatan baru yang mengendalikan tatanan sosial budaya, mempengaruhi perdagangan domestik dan internasional, merubah peta perpolitikan dan secara drastis merevolusi sistim pertahanan dan keamanan dunia.

"Kini, negara-negara maju membelanjakan sebagian besar anggaran militernya untuk belanja teknologi informasi berbasis data, karena mereka meyakini dengan penguasaan itu mereka akan unggul beberapa langkah di depan,” ucap dia.

Menurut Yuddy, ke depan, penguasaan teknologi informasi, penguasaan Big Data, penguasaan algortima dan artificial intellegence akan menjadi senjata yang paling berbahaya bagi kelangsungan hidup bangsa-bangsa di dunia, jauh lebih berbahaya sejak penemuan bom atom jelang akhir perang dunia ke dua.

"Teknologi ini mampu men-drive perilaku, kebiasaan, pemikiran manusia secara massal dalam waktu yang singkat,” ucap dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sistem Persenjataan Masa Depan

Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) itu juga mengatakan, pertahanan di masa depan tidak akan lagi mengandalkan alat dan sistem persenjataan konvesional seperti pesawat tempur, peluru kendali yang canggih, maupun penggunaan persenjataan pemusnah massal lainnya.

"Perang di masa yang akan datang akan dikendalikan oleh suatu sistem algortima yang mengendalikan seluruh informasi vital individual setiap manusia, sistem ini mampu berjalan sendiri memprovokasi kelompok masyarakat, bangsa-bangsa, yang berpotensi menimbulkan chaos kemanusiaan di negara tertentu dan berimplikasi dampak buruknya juga bagi negara lainnya,” ucap politikus Partai Golkar itu.

Buku setebal hampir 300 halaman ini memuat juga perhatian Yuddy dalam kerangka berfikir global dalam memperhatikan isu-isu lokal. Ia melepaskan semua gagasan dan pandangannya secara konprehensif, runut dan sistimatis melihat persoalan serta tantangan dalam negeri Indonesia di tengah dinamika geopolitik dunia.

Melalui buku ini, pembaca dituntun oleh Yuddy untuk memasuki dimensi ruang pemikiran yang luas, menjangkau masa depan namun tetap diikatkan dalam kesadarann akan pemahaman nilai-nilai ke-Indonesiaan.

Yuddy mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi akademis bagi para pengambil keputusan dalam menentukan arah kebijakan negara ke depan. Dari KYIV Yuddy menulis tentang bagaimana Indonesia seharusnya untuk berselancar di atas gelombang revolusi dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.