Sukses

Ganjil Genap Diperluas, Penumpang Transjakarta Naik 12 Persen

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengklaim pemberlakukan ganjil genap diperluas telah kelihatan hasilnya dalam mengatasi kemacetan ibu kota.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengklaim pemberlakukan ganjil genap diperluas telah kelihatan hasilnya dalam mengatasi kemacetan ibu kota.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo menyampaikan, selama sebulan terakhir sejak diberlakukan pada 1 September, terjadi peningkatan jumlah penumpang  Transjakarta sebesar 12 persen. Selain itu kecepatan kendaraan bertambah dari 25 km/jam menjadi 28,5 km/jam. 

"Kemudian volume lalu lintas penurunannya 29,58 persen, hampir 30 persen," ujarnya dihubungi Selasa (8/10/2019).

Angka ini menurut Syarif sangat luar biasa. Hal ini juga berpengaruh terhadap perbaikan kualitas udara Jakarta.

"Untuk kualitas udara untuk pm 2,5 terjadi penurunan yang siginifikan untuk yang di Kelapa Gading rata-rata 22 persen," ujarnya.

Mengenai jumlah pelanggaran selama penerapan ganjil genap, Syarif mengatakan datanya ada di Polda Metro Jaya. Namun menurutnya ada penurunan kendati tak disebutkan persentasenya. Wilayah Jakarta Selatan menurutnya yang angka pelanggarannya menurun cukup siginifikan.

"(Daerah) paling rendah (angka pelanggaran) hampir sama, rata-rata hampir sama. Tapi yang paling rendah itu selatan, cukup rendah," ujarnya.

Agar kemacetan terus ditekan dan pengguna transportasi publik meningkat, pihaknya akan menambah jumlah armada Transjakarta.

"Dalam waktu dekat ada penambahan dari 59 sedang on progress itu, kemudian beberapa proses yang terintegrasi juga akan menambah (armada)," jelasnya.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.