Sukses

Kesan Para Menteri Selama 5 Tahun Jadi Pembantu Jokowi-JK

Saat sidang kabinet pada Kamis, 3 Oktober 2019 lalu, di hadapan para anak buahnya Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih atas kerja keras yang telah dilakukan selama lima tahun ke belakang.

Liputan6.com, Jakarta - Dua pekan lagi, pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan berakhir. Jokowi sendiri akan memulai periode kedua kepemimpinannya bersama Wakil Presiden terpilih, Ma'ruf Amin.

Saat sidang kabinet pada Kamis, 3 Oktober 2019 lalu, di hadapan para anak buahnya Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih atas kerja keras yang telah dilakukan selama lima tahun ke belakang.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua menteri, semua kepala lembaga, atas kerja kerasnya selama lima tahun ini dalam membantu saya dan Bapak Jusuf Kalla dalam menjalankan visi dan program-program prioritas kita bersama," kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, dalam rentang waktu lima tahun periode pertama, tentu ada banyak kenangan dan kesan dari para menteri yang selama ini membantu presiden. Berikut ini kenangan dan kesan para menteri Jokowi selama bergabung dalam Kabinet Kerja:

1. Menteri Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tak bisa berkata banyak saat ditanya kesannya lima tahun bekerja bersama Presiden Jokowi di kabinet. Menurut dia, terlalu banyak kesan yang didapatnya selama menjadi menteri Jokowi.

Dia mengaku mendapat banyak pengalaman luar biasa selama lima tahun menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan. "Terlalu banyak (kesan) buat diomong. Luar biasa," ucap Susi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Susi menyebut bahwa Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla (JK) ada sosok yang luar biasa. Dia pun senang dapat bekerja di bawah komando dua tokoh itu.

"Saya kan seumur hidup tidak pernah kerja buat orang, baru kali ini, ya saya pikir senang luar biasa," kata Susi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Menteri Budi Karya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan selama menjadi anak buah Jokowi, dia mendapat kesan bahwa Jokowi merupakan sosok pimpinan yang inspiratif.

"Pak Jokowi itu selalu menginspirasi dan ide-idenya beyond, di atas. Bahkan tidak saya pikirkan, ada ide," kata dia, di Stasiun KA Bandara Manggarai, Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

Hal tersebut, jelas Budi, justru menjadi motor penggerak bagi para anak buah termasuk dirinya untuk bekerja lebih giat. Tentu dengan harapan dapat mencapai target yang telah dipatok.

"itu justru bagi kami, bagi saya dan beberapa menteri, justru menjadi tantangan, membangun memberikan semangat bagi kita. Bayangkan kita diberikan tantangan yang luar biasa, pasti kita bersemangat mencapainya," ujar Budi.

3 dari 4 halaman

3. Lihut Binsar Panjaitan

Sementara itu Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, memiliki kesan yang mendalam salama lima tahun membantu Presiden Jokowi.

"Kesan saya hampir 5 tahun saya menikmati kepemimpinan seorang Presiden yang kerja dengan hati, kerja dengan program yang jelas," kata Luhut.

Luhut menambahkan jika Presiden Jokowi selalu memberikan contoh yang baik kepada anak buahnya.

"Beliau memberikan contoh yang bagus, memberikan kewenangan kepada menteri-menteri di bawahnya untuk berkarya dan bekerja dengan cepat dan itu menguntungkan Indonesia," ujar Luhut.

4 dari 4 halaman

4. Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga memiliki kesan mendalam selama lima tahun menjadi menteri. Menurut Retno, selama ini Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla selalu memberikan arah yang jelas dan juga terbuka kepada anak buahnya.

"Presiden maupun wakil presiden selalu memberikan arahan yang jelas, tegas dan akses beliau kepada pembantunya para menteri terbuka selebar-lebarnya," kata Retno.

Reporter : Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.