Sukses

Mendikbud: Budaya Kita Jadi Penangkal Ideologi yang Bertentangan dengan Pancasila

Dia mengatakan dengan memperkuat sisi budaya, Indonesia sedang menggunakan pendekatan lunak untuk masalah-masalah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengingatkan budaya adalah penangkal ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

"Budaya kita sebagai alat penangkal berbagai macam pengaruh dari luar terutama pikiran yang bertentangan bahkan mengancam ideologi eksistensi kita yaitu Pancasila," kata Muhadjir, di Jakarta, Senin 7 Oktober 2019.

Dia mengatakan dengan memperkuat sisi budaya, Indonesia sedang menggunakan pendekatan lunak untuk masalah-masalah tersebut.

"Ancaman dari luar bisa diimbangi dengan pendekatan halus seperti ini, jadi tidak hanya dengan pendekatan kekerasan," kata dia.

Menurut Muhadjir, agar budaya luhur terus dilestarikan, maka budaya pun harus semakin mutakhir, salah satunya memberi ruang anak muda dalam pelestarian budaya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Bertentangan dengan Agama

Menurut dia, budaya sebenarnya juga tidak bertentangan dengan agama.

"Harus ada kompromi, enggak ada benturan, jadi budaya memperkaya nilai-nilai tradisional kita. Dan nilai tradisional akan beradaptasi dengan prinsip-prinsip keagamaan dan pedoman keagamaan kita," kata Muhadjir seperti dikutip dari Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.