Sukses

Bertemu di Istana Bogor, Jokowi-PM Belanda Mark Rutte Kompak Berbatik

Pertemuan Jokowi dan Rutte untuk membahas kerja sama strategis RI-Belanda berdasarkan prinsip kemitraan komprehensif.

Liputan6.com, Bogor - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (7/10/2019). Ini merupakan kedua kalinya Rutte mengunjungi Indonesia, setelah 2016 silam.

Berdasarkan pantauan, Rutte tiba di Istana Bogor pukul 11.00 WIB dengan disambut oleh Jokowi. Di sana juga telah menunggu barisan anak-anak SD yang mengenakan pakaian adat Indonesia. Mereka turut menyambut PM Rutte dan rombongan.

"Welcome to Indonesia, welcome to Indonesia," ucap anak-anak menyambut kedatangan Rutte.

Dalam kunjungan resmi kali ini, Jokowi dan Rutte kompak mengenakan baju batik lengan panjang. Hal ini berbeda saat menerima tamu negara lain, di mana Jokowi lebih sering mengenakan setelan jas lengkap.

Bukan hanya Rutte saja, rombongan dari negara kincir angin itu pun mengenakan baju batik. Begitu pula dengan menteri kabinet kerja yang ikut mendampingi Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi tampak mengajak Mark Rutte menuju Teratai Hall Istana Kepresidenan Bogor untuk mengisi buku tamu. Keduanya lalu melakukan Veranda Talk atau berbincang santai.

Jokowi dan Mark Rutte kemudian menanam pohon Damar di kawasan Istana Kepresidenan Bogor. PM Rutte sempat melihat-lihat beberapa pohon yang pernah ditanam oleh kepala negara lainnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahas Kerja Sama Strategis

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Luar Negeri, pertemuan Jokowi dan Rutte untuk membahas kerja sama strategis RI-Belanda berdasarkan prinsip kemitraan komprehensif.

Dalam lawatan kali ini, Rutte didampingi Penasihat Utama Bidang Luar Negeri dan Pertahanan serta Koordinator Nasional untuk Keamanan dan Penanggulangan Terorisme Belanda.

Sementara itu, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala BNPT Suhadi Alius.

Sebagai informasi, kunjungan Rutte ke Indonesia ini merupakan bagian dari rangkaian lawatan ke Asia Tenggara dan Pasifik. Selanjutnya Rutte akan terbang ke Selandia Baru dan Australia.

Rutte terakhir berkunjung ke Indonesia pada November 2016. Kala itu, dia datang membawa 200 pengusaha negeri kincir angin. Rutte juga turut memberikan keris ke Jokowi sebagai simbol pengembalian 1.500 artefak ke Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.