Jusuf Kalla Tinjau Perkembangan Pemulihan Pasca Bencana di Palu

Oleh Liputan6.com pada 07 Okt 2019, 08:36 WIB
Wapres JK Tinjau Pameran Produk Unggulan Narapidana

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Palu, Senin (7/10/2019). Kedatangannya untuk meninjau perkembangan proses pemulihan pascabencana gempa, tsunami, dan likuefaksi yang meluluhlantakkan daerah di Sulawesi Tengah itu setahun lalu.

Jusuf Kalla didampingi Gubernur Sulteng Longki Djanggola, Wali Kota Palu Hidayat dan Komandan Korem 132 Tadulako, Kolonel Inf Agus Sasmita dan Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Lukman Wahyu Haryanto dan sejumlah pejabat di jajaran Pemprov Sulteng dan Pemkot Palu rencananya akan meninjau sejumlah lokasi antara lain Rumah Instan Sehat di Kelurahan Pengawu.

Dari situ, Jusuf Kalla meninjau lokasi pembebasan lahan hunian tetap (huntap) di Kelurahan Duyu. Selanjutnya menuju lokasi pembangunan huntap di Kelurahan Tondo dan Talise. Demikian dilansir dari Antara.

Pantauan udara ratusan rumah terendam lumpur dan tanah di Petobo, Palu Selatan, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10). Fenomena likuifaksi tersebut terjadi pasca gempa berkekuatan 7,4. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Setelah itu Wapres JK dan rombongan meninjau fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu.

Selepas itu, Jusuf Kalla akan memimpin rapat terbatas untuk mengetahui percepatan proses rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di Kantor Gubernur Sulteng. Terakhir Wapres JK meninjau huntap satelit di Kelurahan Petobo.

2 of 3

Masa Jabatan JK Segera Berakhir

Jokowi-JK
Sidang kabinet Paripurna yang dipimpin Presiden Joko Widodo, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (4/2/2015) pagi, membahas Pilkada serentak, Perppu perubahan UU tentang kelautan, dan tentang perumahan rakyat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK berkunjung ke kampung halamannya di Kabupaten Bone dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu 6 Oktober 2019. Kunjungan tersebut dilakukan dua pekan jelang berakhirnya tugas di pemerintahan. 

Dalam kesempatan silaturahmi khususnya di depan para petinggi dan kepala SKPD di rumah jabatan Wali Kota Makassar, Jusuf Kalla menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan doa semua pihak sehingga bisa bersama-sama membangun negeri ini dengan baik.

Satu hal yang dititipkan Jusuf Kalla untuk Makassar yakni soal ke depan ibu kota Sulawesi Selatan itu mau dibawa ke mana dan jadi apa. Menurut JK, Kota Makassar memiliki potensi besar di bidang niaga.

"Di Makassar, hanya bisa maju kalau menjadi daerah perdagangan dan daerah jasa," kata JK.

Sebagai daerah perdagangan, imbuhnya, industri prosesing harus dibawa ke Makassar. Sebagai daerah jasa, Kota Makassar harus punya jasa pendidikan dengan mutu yang baik.

Kalau di bidang jasa keuangan, bank harus kuat. Di jasa kesehatan, Rumah Sakit harus disatukan supaya kuat dibanding yang lain. Begitu juga jasa pelayanan terhadap wisatawan harus dibarengi dengan kenyamanan dan keamanan kota.

"Jadi yang penting adalah penataan kota untuk menjadikan Makassar hub untuk Indonesia bagian timur," kata Jusuf Kalla.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓