Kala Menteri Susi Pudjiastuti Pimpin Penenggelaman 21 Kapal Asing di Pontianak

Oleh Maria Flora pada 07 Okt 2019, 09:28 WIB

Fokus, Pontianak - Penenggelaman kapal-kapal ikan milik asing yang dipimpin langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ini dilakukan di dua titik.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (7/10/2019), 18 buah kapal ditenggelamkan di Perairan Tanjung Datok, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, dan tiga kapal di Perairan Paloh, Kabupaten Sambas. Total 21 buah kapal yang ditenggelamkan pada hari yang sama.

Penenggelaman kapal asing yang didominasi kapal ikan asal Vietnam ini dilakukan dengan cara mengisi kapal dengan air laut dan melubangi lambungnya.

Menteri Susi menegaskan, penenggelaman kapal ini merupakan tindakan pemerintah Indonesia untuk memberikan efek jera ke nelayan asing pelaku ilegal fishing.

Dia menambahkan, pendapatan hasil laut Indonesia semenjak dilakukan tindakan penenggelaman kapal asing pencuri ikan ini mulai meningkat dua kali lipat dari sebelumnya.

"Untuk saya, barangkali kalau nanti periode pemerintahan kabinet ini selesai, ini adalah penenggelaman kapal terakhir. Besok kita akan tenggelamkan sembilan kapal di Natuna dan enam di Batam," ujar Menteri Susi. 

Selain yang sudah ditenggelamkan, sejumlah kapal ikan asing pelaku ilegal fishing saat ini masih berada di beberapa pelabuhan karena masih dalam status banding.

  

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.