13 Pendaki di Gunung Raung Terjebak di Tengah Kebakaran Lebih dari 8 Jam

Oleh Rita Ayuningtyas pada 06 Okt 2019, 08:29 WIB

Liputan6.com, Banyuwangi - Setelah delapan jam lebih terjebak kebakaran di jalur pendakian pos tujuh dan delapan Gunung Raung, 13 pendaki berhasil dievakuasi ke pos sekretariat di Desa Wonorejo. Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (6/10/2019), seluruh pendaki selamat meski sedikit mengalami luka lecet lantaran nekat menerobos api yang masih sedikit membara di jalur pendakian.

Raymond, salah satu pendaki yang terjebak kebakaran mengatakan bahwa dirinya dan rombongan lain nekat menerobos api karena perbekalan sudah menipis.

"Yang lebih menyiksanya itu adalah asap dan abunya, kalau untuk panas dari apinya itu tidak terlalu saya hiraukan," kata pendaki asal Jakarta, Raymond.

Berkat kenekatan ke-13 pendaki yang menerjang bara api ini akhirnya mereka bertemu dengan Tim SAR yang menjemput di pos empat pendakian.

"Untuk sementara tim masih berproses, semuanya sudah turun, tidak ada pendaki," ucap Koordinator Basarnas Asnawi Suroso.

Setelah mendapatkan perawatan dari tim medis, ke-13 pendaki termasuk tujuh warga Singapura langsung diantar ke Surabaya.

Live Streaming

Powered by