Sukses

HUT TNI, Jokowi Beberkan Torehan Prestasi Prajurit di Ajang Internasional

Jokowi mengungkapkan, dalam setahun terakhir, TNI telah menorehkan sejarah baru.

Liputan6.com, Jakarta -A Presiden Joko Widodo mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan prajurit TNI. Prajurit tak hanya berhasil NKRI, juga mampu memberikan kontribusinya kepada dunia luar.

"Selamat dan sangat berbangga atas keberhasilan saudara-saudara, yang telah berhasil menjadi juara pada lomba menembak ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) ke-28 tahun 2018 di Malaysia. Serta kesuksesan pada lomba menembak Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM), yang dengan senjata buatan Pindad telah berhasil menjadi juara 12 kali berturut-turut," ujar Jokowi dalam sambutannya di upacara peringatan HUT TNI di Halim, Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

Jokowi mengungkapkan, dalam setahun terakhir, TNI telah menorehkan sejarah baru. Pada Desember 2018, telah diresmikan pangkalan militer terpadu di Natuna yang akan disusul dengan empat pangkalan serupa di Biak, Morotai, Merauke, dan Saumlaki.

"Pada 30 Juli 2019, telah dibentuk Komando Operasi Khusus (KOOPSUS) yang akan mendukung penanganan terorisme.Latihan gabungan Dharma Yudha juga telah sukses dilaksanakan di awal bulan September 2019, yang melibatkan 12.500 prajurit dari tiga matra dan menjadi ajang unjuk teknologi baru," ujar dia.

Kemudian pada 27 September 2019, telah dibentuk Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (KOGABWILHAN) di Tanjung Pinang, Balikpapan, dan Biak. Kehadiran KOGABWILHAN akan meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanganan krisis dan meningkatkan daya gentar kita.

"Semua ini menandai pergeseran budaya militer di TNI kita, yang tadinya terpilah-pilah di masing-masing matra, kemudian menjadi terpadu dalam lingkup Tentara Nasional Indonesia dan semakin didukung oleh profesionalisme prajurit," kata Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Parade Pasukan

Kekuatan pasukan parade dalam HUT TNI ini berjumlah 6.806 personel yang terdiri dari Lambang-Lambang Kesatuan. Kemudian susunan Alutsista Parade terdiri dari Radar Surveillance 2 unit, Turangga 2 unit, Oerlicon 2 unit.

Selain itu, RM 70 Grad 2 unit, MRLS 4 unit, Serpa 2 unit, MPCP Mistral 2 unit, Caesar 4 unit, Atlas Mistral 2 unit, Astros 4 unit, Anoa 8 unit, 2 pesawat Boeing 737, 2 pesawat CN 235, 2 pesawat F 16.

Sementara, demonstrasi keterampilan prajurit terdiri dari kolone senapan, bela diri militer dan tari perang Garuda, terjun payung, demo udara (fly pass, BTU, tempur udara & composite strike, jupiter Aerobatic, Boms Burst).

Pesawat udara yang dikerahkan dalam rangka HUT Ke-74 TNI Tahun 2019 berjumlah 157 unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.