Presiden Jokowi Akan Hadiri Perayaan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma

Oleh Liputan6.com pada 05 Okt 2019, 07:21 WIB
Diperbarui 05 Okt 2019, 07:21 WIB
Presiden Jokowi Akan Hadiri Perayaan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma
Perbesar
Presiden Jokowi Akan Hadiri Perayaan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma (Merdeka/Ronald)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri HUT ke-74 TNI, yang digelar di Taxy Way Echo Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Selain Jokowi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna turut hadir di lokasi.

HUT ke-74 TNI ini mengangkat tema 'TNI Profesional Kebanggaan Rakyat'. Pantauan merdeka.com, warga sangat antusias dalam ikut memeriahkan puncak perayaan HUT TNI ini. Banyak para orangtua yang memboyong anak-anaknya untuk melihat parade dan defile saat perayaan ini.

Selain itu, anak-anak Sekolah Menengah Atas (SMA) dan beberapa organisasi masyarakat juga ikut meramaikan acara ini. Bahkan, ada berbagai aneka makanan disediakan.

Dalam HUT TNI ini, jumlah pasukan parade mencapai 6.806 personel. Sementara itu, sejumlah alutsista juga dikerahkan untuk memeriahkan acara ini.

Selain itu, HUT ke-74 TNI juga akan menyajikan keterampilan prajurit, yakni Kolonel Senapan, Bela Diri Militer, Tari Perang Garuda, Terjun Payung, serta Demo Udara yang terdiri dari Fly Pass, BTU, Tempur Udara, Composite Strike, Jupiter Aerobatic, dan Boms Burs. Pesawat udara yang dikerahkan dalam rangka HUT tahun ini berjumlah 157 unit yang berasal dari tiga Matra (TNI AD, TNI AL, dan TNI AU).

2 dari 3 halaman

Pamer Alutista

Selain itu, sejumlah alutsista bakal ditampilkan. Seperti Radar Surveillance dua unit, Turangga 2 unit, Oerlicon 2 unit, RM 70 Grad 2 unit, IVIRLS 4 unit, Serpa 2 unit, MPCP Mistral 2 unit, Caesar 4 unit, Atlas Mistral 2 unit, Astros 4 unit, Anoa 8 unit, 2 pesawat Boeing 737, 2 pesawat CN 235, 2 pesawat F 16.

Ada pun kekuatan pasukan defile dan alutsista terdiri dari Deflle POM TNI yang terdiri dari 48 personel 24 unit alutsista, Detile Matra Darat yakni 1.172 personel, 415 unit alutsista, Defile Matra Laut sebanyak 522 personel, 116 unit alutsista dan Defile Matra Udara berjumlah 259 Personal, dan 58 unit alutsista.

Dalam demonstrasi keterampilan, prajurit terdiri dari Kolone Senapan, bela diri militer dan Tari Perang Garuda, terjun payung, demo udara (Fly Pass, BTU, tempur udara dan Composite Strike, Jupiter Aerobatic, Boms Burst).

Sedangkan untuk pesawat udara yang dikerahkan berjumlah 157 unit (TNI AD, TNI AL dan TNI AU).

Bertindak selaku Calon Komandan Upacara dari unsur TNI AD adalah Kolonel Inf Sachono (Dirbinsismet Pusterad), TNI AL adalah Kolonel Mar Y Rudy Sulistyanto (Asops Dankormar), TNI AU adalah Kolonel Pnb Yostariza yang sehari-hari menjabat sebagai Asops Kas Kohanudnas.

Sementara itu, pengucap Sapta Marga dari unsur TNI AD adalah Letda Arh Pratam WF Hutagalung (Yon Arhanud), Letda Laut (S) Agung Yustiyan Prasetyo (Satkor Armada), dan Letda Lek Arief Ryan (Lanud Manuhua).

Sedangkan pengucap Sapta Marga wanita dari TNI AD adalah Letda Chk (K) Rizka Ayu Rahmah (STHM Ditkumad), Letda Laut (P/W) Risma Gusty Maria Simangunsong (Kolat Armada), dan Letda Kal Dewa Ayu Ardilma Suari (Skadron Udara 3 Lanud Halim PK).

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓