Begini Kondisi Kota Wamena Usai Kerusuhan pada Akhir September 2019

Oleh Rita Ayuningtyas pada 04 Okt 2019, 07:56 WIB

Liputan6.com, Papua - Usai kerusuhan 23 September lalu, situasi Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, sudah kembali normal. Seperti yang terlihat di Pasar Wouma yang ada di Pusat Kota Wamena, aktivitas jual beli sudah berjalan normal.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (4/10/2019), sebelumnya, aktivitas perdagangan di pasar ini sempat terhenti akibat kerusuhan. Aparat keamanan terus mengimbau kepada warga Wamena untuk kembali beraktivitas seperti biasa karena aparat sudah menjamin keamanan seluruh warga.

Warga Wamena juga diimbau untuk tidak eksodus ke luar Wamena.

Guna memulihkan kembali kondisi di Wamena, masyarakat bersama anggota TNI bahu membahu membersihkan puing-puing sisa kerusuhan. Dari data Polda Papua, dalam kerusuhan Wamena sebanyak 165 rumah, 465 ruko, dan ratusan kendaraan bermotor hangus dibakar.

Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jon Banua meminta kepada seluruh masyarakat dan tokoh yang ada di Wamena menjaga keamanan bersama.

Pulihnya kembali Kota Wamena juga penting bagi daerah di sekitarnya. Sebab pasokan kebutuhan pokok selama ini bergantung dari Wamena.