Sukses

Didukung 8 Fraksi, Bamsoet Jadi Ketua MPR?

Johnny yakin, penentuan Ketua MPR akan melalui proses musyawarah. Meski demikian, apabila harus voting pun, ia menyebut Bamsoet akan menang suara.

Liputan6.com, Jakarta - Rapat musyawarah seluruh fraksi MPR untuk menentukan posisi Ketua MPR telah selesai. Sekjen NasDem Johnny Plate mengatakan, dari 9 Fraksi, 8 fraksi sepakat mendukung Politikus Golkar Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR.

"8 fraksi solid mendukung Pak Bambang, seluruh koalisi ditambah Demokrat, PKS, PAN solid mendukung Pak Bamsoet," kata Johnny usai rapat musyawarah di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (3/10/2019).

Selain 8 fraksi, Bamsoet juga dipastikan mendapat dukungan dari DPD. Artinya saat ini, Calon Ketua MPR dari Gerindra Ahmad Muzani hanya didukung oleh partainya sendiri. Ia memastikan Bamsoet yang akan menjadi Ketua.

"Dipastikan iya (Bamsoet)," ucapnya.

"DPD juga mendukung Pak Bambang tetapi berkomsultasi dulu ke DPD. Hanya Gerindra saja (dukung Muzani)," katanya.

Saat ini, rapat dilanjutkan dengan pembicaraan antara Bamsoet dengan Muzani. Harapannya, akan didapat kesepakatan satu suara dalam dukungan untuk Ketua MPR.

"Gerindra yang saat ini sedang berbicara dengan Pak Bambang, menyelesaikan," katanya.

Johnny yakin, penentuan Ketua MPR akan melalui proses musyawarah. Meski demikian, apabila harus voting pun, ia menyebut Bamsoet akan menang suara.

"Kami meyakini mekanisme nanti musyawarah mufakat. Sesuai marwah MPR," ucapnya.

Ditanya soal alasan partai oposisi yang di akhir mendukung Bamsoet, Johnny menyebut alasannya adalah kebersamaan.

"Demi kebersamaan," tandasnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.