Partai Koalisi Pendukung Jokowi Solid Dukung Bambang Soesatyo Jadi Ketua MPR

Oleh Liputan6.com pada 03 Okt 2019, 11:06 WIB

Diperbarui 05 Okt 2019, 08:13 WIB

Calon Ketua Umum Golkar

Liputan6.com, Jakarta - Lima partai koalisi pendukung Presiden Joko Widodo akhirnya solid mendukung satu nama untuk calon ketua MPR. PKB telah menyatakan mendukung Bambang Soesatyo dari Partai Golkar.

"PKB sudah punya kesepahaman punya cara membangun kebersamaan. PKB sudah bulat (dukung Bamsoet)," ujar Ketua Fraksi PKB MPR, Jazilul Fawaid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2019).

PKB menyatakan mendukung Bamsoet karena sejak awal bersama partai Golkar dalam koalisi. PKB, kata Jazilul membangun soliditas bersama.

"Tentu PKB membangun soliditas bersama dengan yang selama ini sudah ada," kata Jazilul.

Dukungan PKB ini melengkapi dukungan partai Koalisi Indonesia Kerja terhadap Bambang Soesatyo. Selain Golkar, paling awal mendorong Bamsoet adalah Nasdem.

Kemudian, PPP menyatakan sesaat sebelum rapat paripurna MPR pertama, Rabu (2/10/2019). Di hari yang sama, PDI Perjuangan memutuskan menyerahkan kursi ketua MPR untuk Golkar.

2 of 3

Ahmad Muzani Berharap Bamsoet Mengalah

Calon pimpinan MPR dari Gerindra, Ahmad Muzani meminta pesaingnya Bambang Soesatyo yang dari Golkar untuk mengalah menjadi Ketua MPR.

Muzani menilai Bambang Soesatyo sudah cukup menjadi Ketua DPR periode 2014-2019. Sementara dirinya menjabat Wakil Ketua MPR hanya 6 bulan. Sehingga dia berharap Bamsoet mengalah dan menyerahkan kursi Ketua MPR kepadanya.

"Jadi ya sudah gapapa, nanti mudah-mudahan Bamsoet nanti mengalah untuk konsensus, ya wis Gerindra saja. Ya alhamdulilah, itu selesai. Namanya MPR, Majelis Permusyawaratan Rakyat. Jadi Permusyawaratan diutamakan, begitu," tegas Muzani di Jakarta, Selasa (2/10/2019).

Dia tidak menyebut berapa fraksi yang mendukungnya sebagai Ketua MPR. Muzani mengaku akan menemui 136 DPD dan melakukan lobi-lobi dengan fraksi Golkar.

"Saya nggak paham ada berapa fraksi. Yang udah pasti fraksi Gerindra," kata Muzani.

Diberitakan, Partai Golkar telah menetapkan Bambang Soesatyo sebagai calon ketua MPR.

"Menugaskan kepada Pak Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR dari Partai Golkar," ujar Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily.

Rapat internal dilaksanakan di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, usai pelantikan anggota dewan siang ini. Rapat tersebut memutuskan pimpinan DPR, MPR, sampai fraksi. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto memimpin rapat tersebut.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓