PKB Ajukan Jazilul Fawaid Jadi Pimpinan MPR

Oleh Delvira Hutabarat pada 03 Okt 2019, 11:09 WIB
Diperbarui 03 Okt 2019, 11:09 WIB
Ini Pernyataan Fraksi PKB Terkait Kisruh DPR

Liputan6.com, Jakarta - Belum seluruh fraksi di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menyerahkan nama untuk duduk di kursi pimpinan MPR. Dari jatah 10 pimpinan dari tiap fraksi dan 1 unsur DPD, ada tiga partai yang belum juga menyodorkan nama yakni PKB, Demokrat, PDI Perjuangan.

Sekretaris Fraksi PKB DPR RI Neng Eem Marhamah mengadakan pihaknya kini telah mengantongi  nama yang dirasa pas meenduduki kursi pimpinan, yakni Jazilul Fawaid.

"Semalam kita rapatkan beliau adalah sosok yang punya pengalaman yang cukup. Jadi Fraksi MPR PKB mengusulkan Bapak Jazilul Fawaid,” kata Eem saat dikonfirmasi, Kamis (3/10/2019).

Nama Jazizul didapat lewat musyawarah fraksi. Pihaknya juga menginginkan pemilihan Ketua MPR nanti juga lewat musyawarah.

"Kami sepakat secara musyawarah aklamasi kesepakatan. Insyaallah tidak ada pemilihan. Apakah nanti Pak Bamsoet atau Pak Muzani,” kata dia. 

2 dari 3 halaman

9 Fraksi di MPR

Sidang Paripurna Ke-2 MPR
Suasana Sidang paripurna ke-2 MPR RI di Gedung Nusantara Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019). Rapat tersebut memiliki agenda mengesahkan jadwal acara sidang dan membentuk fraksi-fraksi dan kelompok Dewan Pimpinan Daerah (DPD). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Berdasarkan Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) terbaru, pimpinan MPR terdiri dari perwakilan seluruh fraksi DPR dan satu unsur dari DPD.

Untuk periode DPR 2019-2024, total ada 9 fraksi. Maka saat ini pimpinan MPR untuk periode ini ada 10.

Sementara itu, saat ini Golkar dan Gerindra terang-terangan menyatakan ingin mendapatkan kursi Ketua MPR.

Untuk Golkar, mereka menyodorkan nama mantan Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani. Kedua pihak optimis akan mendapatkan dukungan dari anggota MPR.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓