Sukses

PKB Ajukan Jazilul Fawaid Jadi Pimpinan MPR

Nama Jazizul didapat lewat musyawarah fraksi. Pihaknya juga menginginkan pemilihan Ketua MPR nanti juga lewat musyawarah.

Liputan6.com, Jakarta - Belum seluruh fraksi di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menyerahkan nama untuk duduk di kursi pimpinan MPR. Dari jatah 10 pimpinan dari tiap fraksi dan 1 unsur DPD, ada tiga partai yang belum juga menyodorkan nama yakni PKB, Demokrat, PDI Perjuangan.

Sekretaris Fraksi PKB DPR RI Neng Eem Marhamah mengadakan pihaknya kini telah mengantongi  nama yang dirasa pas meenduduki kursi pimpinan, yakni Jazilul Fawaid.

"Semalam kita rapatkan beliau adalah sosok yang punya pengalaman yang cukup. Jadi Fraksi MPR PKB mengusulkan Bapak Jazilul Fawaid,” kata Eem saat dikonfirmasi, Kamis (3/10/2019).

Nama Jazizul didapat lewat musyawarah fraksi. Pihaknya juga menginginkan pemilihan Ketua MPR nanti juga lewat musyawarah.

"Kami sepakat secara musyawarah aklamasi kesepakatan. Insyaallah tidak ada pemilihan. Apakah nanti Pak Bamsoet atau Pak Muzani,” kata dia. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

9 Fraksi di MPR

Berdasarkan Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) terbaru, pimpinan MPR terdiri dari perwakilan seluruh fraksi DPR dan satu unsur dari DPD.

Untuk periode DPR 2019-2024, total ada 9 fraksi. Maka saat ini pimpinan MPR untuk periode ini ada 10.

Sementara itu, saat ini Golkar dan Gerindra terang-terangan menyatakan ingin mendapatkan kursi Ketua MPR.

Untuk Golkar, mereka menyodorkan nama mantan Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani. Kedua pihak optimis akan mendapatkan dukungan dari anggota MPR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.