Sukses

Hakim MK: Pemisahan Pemilu dan Pilkada Serentak Akan Menyatukan Dua UU

Hakim Palguna menilai, apabila permohonan Perludem dikabulkan akan membawa konsekuensi hukum yang banyak, termasuk penyelesaian sengketa pilkada.

Liputan6.com, Jakarta - Hakim Konstitusi I Dewa Gede Palguna menilai, pemisahan pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak apabila diterima Mahkamah Konstitusi (MK) dalam uji materi akan mengubah struktur dua undang-undang menjadi satu.

Hal tersebut terkait pemohonan uji materi terhadap UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada yang diajukan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).

Dalam sidang pendahuluan di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (2/10/2019) kemarin, Perludem di antaranya meminta MK menyatakan Pasal 167 ayat (3) UU Pemilu bertentangan dengan UUD 1945 agar pemungutan suara terbagi atas pemilu serentak nasional untuk memilih DPR, Presiden, dan DPD serta pemilu serentak daerah untuk memilih DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota, gubernur, bupati dan walikota.

Sementara MK telah memutuskan pilkada bukan rezim pemilu berdasarkan Pasal 22e UUD 1945. Sedangkan Pilkada diatur dalam Pasal 18 ayat 4 UUD 1945.

Hakim Palguna menilai, permohonan Perludem berangkat dari asumsi pemilu merupakan hal yang sama dengan pilkada, padahal apabila dikabulkan akan membawa konsekuensi hukum yang banyak, termasuk penyelesaian sengketa pilkada.

"Asumsi begitu sesungguhnya permohonan ini, ya betul, seperti membuat undang-undang baru meskipun yang diminta beberapa pasal, tetapi ini menyatukan dua undang-undang," kata hakim Palguna seperti dikutip Antara, Kamis (3/10/2019).

Ia menegaskan meskipun tidak terdapat batasan penafsiran atas norma, Mahkamah tidak dapat membentuk undang-undang baru karena di luar kewenangannya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbaikan Permohonan

Untuk itu, Perludem diminta melakukan perbaikan atas pemohonan terhadap uji materi dua undang-undang tersebut sebelum 15 Oktober 2019.

"Kami akan perbaiki, Yang Mulia, kami ucapkan terima kasih atas nasihat yang diberikan," tutur kuasa hukum Perludem Fadli Ramadhanil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.